spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    Kerjasama dengan Mahasiswa K3P UMSi, Diskominfo Sinjai Sosialisasikan PPID

    More articles

    SINJAI, – Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Sinjai kembali mensosialisasikan tentang keterbukaan informasi publik melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

    Sosialisasi PPID digelar Diskominfo Sinjai dengan menggandeng mahasiswa Kuliah Kerja Karya Profesi (K3P) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi). Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai, Kamis (02/02/2023).

    Di hadapan para admin PPKD dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Sinjai, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Dr. Mansyur mengatakan bahwa salah satu tugas PPID adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi.

    “Dengan adanya PPID diharapkan implementasi Undang-undang keterbukaan informasi publik dapat berjalan efektif dan hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi,” ujarnya.

    Kepada para pengelola PPID, Mansyur juga menekankan 5 asas dalam menjalankan keterbukaan informasi publik, yakni transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, dan kesamaan hak.

    “Keterbukaan informasi publik ini, masyarakat diharapkan lebih aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan. Inilah yang menjadi dasar bahwa PPID harus mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat serta dapat mewujudkan arus informasi dan komunikasi antar pemerintah dengan masyarakat,” pungkasnya.

    Pada pelaksanaan sosialisasi PPID, ada 2 narasumber yang dihadirkan, yakni Kabid Humas dan Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Sinjai, Ika Mayasari. Serta Pranata Komputer Bidang Aptika Diskominfo Sinjai, Muhammad Rusyaid.

    Pada pembukaan sosialisasi, tampak hadir Sekretaris Diskominfo Sinjai M. Syamsir Tabiala dan jajarannya, serta Dosen UMSi, Makmur. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest