spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDinkes Sulsel Lakukan Pembinaan Germas di Sinjai

    Dinkes Sulsel Lakukan Pembinaan Germas di Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan pembinaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kabupaten Sinjai. Kegiatan ini berlangsung di Aula Pertemuan Gedung PKK Sinjai, Selasa (6/12/2022)

    Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengatakan, pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

    Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain.

    “Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah. Karena itu perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa,” ujarnya saat membuka kegiatan tersebut.

    Dia menambahkan, gerakan masyarakat hidup sehat dengan kegiatan utama seperti peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hdup bersih dan sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat, menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

    “Gerakan ini perlu digaungkan kembali sebagai salah satu perwujudan dari revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” imbuhnya.

    Oleh karenanya pada kegiatan pertemuan pembinaan Germas ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi semua pimpinan institusi pemerintah dan masyarakat, perguruan tinggi dan dunia usaha untuk mengawali dan melaksanakan kegiatan Germas di lingkup tanggung jawabnya masing-masing.

    Kegiatan ini dihadiri, Pejabat Fungsional Promosi Kesehatan Dinkes Provinsi St. Hadidjah, Kabid Kesmas Dinkes Sinjai dr. Aliawati Albek, perwakilan OPD terkait, serta petugas kesehatan yang menangani gerakan masyarakat hidup sehat.

    Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penandatangan nota kesepakatan bersama. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts