spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDiskominfo Sinjai Adakan Pelatihan TPI EPSS, Dua OPD Ini Jadi Sampel

    Diskominfo Sinjai Adakan Pelatihan TPI EPSS, Dua OPD Ini Jadi Sampel

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dalam mewujudkan Satu Data Indonesia, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai menggelar Pelatihan Tim Penilai Internal (TPI) yang digelar di Ruang Kerja Kadis Kominfo Sinjai, Jumat (2/12/2022).

    Pelatihan ini digelar dalam rangka ujicoba Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sinjai.

    Kegiatan ini diikuti dua Perangkat Daerah sebagai sampel penilaian yaitu Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja dan Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai.

    Hadir juga dalam kegiatan ini Sekretaris Diskominfo dan Persandian Sinjai Syamsir Tabiala, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Usman serta jajarannya.

    Kepala BPS Sinjai Arif Miftahuddin mengatakan tujuan EPSS ini adalah untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi Pemkab serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik.

    Dikatakan, TPI ini adalah sebuah tim yang nantinya akan melakukan penilaian mandiri terhadap penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral di lingkup Pemkab Sinjai.

    “Dua OPD ini kita akan lihat bagaimana penyelenggaraan statistik mulai dari pengumpulan, penyajian dan kualitas data itu sendiri supaya ada bahan untuk mengevaluasi penyelenggaraan statistik sektoral pada tahun depan,” jelasnya.

    Arif menambahkan bahwa sejauh ini data statistik sektoral yang disajikan oleh OPD sudah baik, bahkan BPS menjadikan data OPD sebagai acuan dalam perhitungan statistik, namun pihaknya menilai masih perlu lebih ditingkatkan lagi.

    Sementara itu Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Dr. Mansyur menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan persepsi dalam hal penyelenggaraan statistik sektoral.

    Olehnya itu ia menyampaikan terima kasih kepada BPS Sinjai selaku pembina statistik yang terus memberikan dorongan dan masukan untuk mewujudkan data statistik sektoral yang berkualitas di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sinjai.

    Lebih lanjut dikatakan, sebagai tahap awal dalam uji coba EPSS ini dilakukan terhadap dua OPD sebagai sampel dan kedepan ini akan dilakukan secara menyeluruh kepada semua OPD yang ada di Sinjai.

    “Untuk tahap ujicoba ini kita lakukan di Dinas Perikanan dan Dinas Koperasi. Kita pilih keduanya karena kami menilai OPD ini sangat aktif dalam menyajikan data sektoralnya dan datanya paling valid,” jelasnya.

    Mansyur berharap dengan adanya data statistik sektoral yang berkualitas akan menjadi acuan dan pedoman Pemerintah Daerah dalam pengambilan kebijakan program pembangunan.

    Sekadar diketahui, kegiatan EPSS tahun 2022 sifatnya adalah ujicoba dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia mulai 28 November – 23 Desember 2022. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts