spot_img
Thursday, February 22, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBuka Rakercab IBI Sinjai, Bupati ASA Sebut Bidan Berperan Ciptakan SDM yang...

    Buka Rakercab IBI Sinjai, Bupati ASA Sebut Bidan Berperan Ciptakan SDM yang Unggul

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) membuka rapat kerja cabang (Rakercab) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sinjai. Rakercab tersebut digelar di Aula Gedung Wisma Hawai Sinjai, Selasa (18/10/2022).

    Raker IBI Sinjai mengangkat tema ‘Konsolidasi IBI dalam Menghadapi Perkembangan Pelayanan KIA-KB dan Kesehatan Reproduksi di Masa Pandemi Covid-19’.

    Acara ini dihadiri oleh Pengurus Daerah IBI Sulsel Rosalina Wayan, Ketua TP. PKK Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto, Kepala OPD, para organisasi perempuan dan organisasi profesi kesehatan, para bidan, serta para sesepuh bidan.

    Ketua IBI Kabupaten Sinjai Hj. Ratnawati Muin menyampaikan bahwa rapat kerja ini merupakan forum untuk mengevaluasi serta menyempurnakan rencana kerja tengah periode kepengurusan dan sebagai bahan usulan kongres dan konsolidasi setiap jenjang kepengurusan.

    “Adapun kegiatan-kegiatan ini adalah konsultasi dan pembinaan tugas-tugas organisasi di setiap jenjang kepengurusan, kolaborasi dengan instansi terkait, kolaborasi dengan organisasi profesi kesehatan dan organisasi perempuan, kolaborasi dengan unsur lainnya yang turut serta di dalam membantu tugas-tugas organisasi pada umumnya dan tugas sebagai bidan pada khususnya,” jelasnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Hj. Ratnawati juga memaparkan saat ini pihaknya menaungi ratusan bidan. Terdiri dari 180 bidan berstatus ASN dan 665 bidan non ASN yang mengabdi di sarana kesehatan yang ada di Sinjai.

    “Kita berharap IBI bisa bersinergi dengan Pemda dan seluruh stakeholder, agar pendayagunaan Bidan bisa maksimal. Termasuk memberikan perhatian terhadap Bidan kami yang belum ASN,” jelasnya.

    Wakil Ketua II Pengurus Daerah IBI Sulsel Rosalina Wayan dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi terhadap Pemkab Sinjai dan Pengurus Cabang IBI beserta seluruh jajarannya atas komitmennya memfasilitasi terlaksananya rapat kerja ini dan melibatkan seluruh anggota Ikatan Bidan Indonesia untuk berpartisipasi.

    “Tak lupa pula kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh teman sejawat bidan yang turut berpartisipasi dalam mendukung suksesnya seluruh rangkaian kegiatan rapat kerja ini,” ucapnya.

    Sementara itu Bupati ASA dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bidan merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan visi misi Pemkab yaitu menciptakan manusia yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

    “Untuk menciptakan SDM yang unggul tentu dimulai dari anak-anak kita bahkan sejak sebelum lahir sehingga peran Bidan memang sangat vital dan tentu kami tahu betul bagaimana perjuangan para Bidan di Sinjai dalam membantu masyarakat khususnya para ibu hamil yang ingin melahirkan,” katanya.

    Selain itu, Bupati ASA juga menyinggung terkait kondisi Bidan yang saat ini didominasi masih berstatus non ASN. Olehnya itu ia berharap agar pendataan yang telah dilakukan bisa mengakomodir semua Bidan yang ada di Sinjai.

    “Jika tahun lalu sesuai instruksi dari Kemenpan RB kita fokus untuk membuka formasi PPPK bagi tenaga guru, Insya Allah kedepan tenaga kesehatan akan juga menjadi prioritas untuk diangkat menjadi PPPK,” ucapnya.

    Diakhir acara, Ketua TP. PKK Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto yang hari ini tepat berulang tahun ke 34 tahun, tampak terharu setelah mendapatkan kejutan atau surprise berupa nyanyian lagu Selamat Ulang Tahun dan kue tart dari Pengurus Cabang IBI Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts