spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDimulai, MPLS Peserta Didik Baru di Sinjai Akan Berlangsung 3 Hari

    Dimulai, MPLS Peserta Didik Baru di Sinjai Akan Berlangsung 3 Hari

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Peserta didik baru tahun ajaran 2022/2023 di Kabupaten Sinjai mulai masuk sekolah, baik satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Sekolah Menengah Atas (SMA). Senin, (11/7).

    Khusus satuan pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai, sekolah perdana pasca libur penerimaan peserta didik baru ini di awali dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) digital selama tiga hari kedepan hingga 13 Juli 2022 mendatang.

    MPLS yang mengangkat tema “Macca dan Santun Bertransformasi dalam mengaktualisasikan Merdeka Belajar”, dan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa melalui sambungan virtual, dan diikuti seluruh satuan pendidikan di sembilan kecamatan.

    Menurut Kadisdik Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, MPLS merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru dalam mendukung program “Merdeka Belajar”.

    Kegiatan ini kata dia, pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah sehingga MPLS tidak hanya diikuti oleh peserta didik baru saja namun seluruh peserta didik yang ada.

    “Kita mengenalkan hakikat sekolah, bukan hanya peserta didik baru tapi juga siswa lainnya agar bisa mengenal sekolah mereka lebih dekat lagi dengan tempat mereka menimbah ilmu karena kita ingin membangun hubungan emosional dengan peserta didik baru,” jelasnya.

    Sementara itu, MPLS yang berlangsung di SDN 3 Sinjai Kecamatan Sinjai Utara, para peserta didik baru mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Termasuk peserta didik lainnya dan para tenaga pendidik.

    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah SDN 3 Sinjai, Hj Sulaiha, menerangkan, MPLS digital akan berlangsung selama tiga hari kedepan dengan berbagai macam materi yang akan diberikan kepada peserta didik baru.

    “Pengenalan lingkungan sekolah kita mulai dari pengenalan sarana, visi misi terutama pengenalan program Macca yang ada sejak pandemi. Tadi ada juga pak Kadis yang menyapa peserta didik melalui sambungan virtual. Jadi ini berlangsung selama tiga hari kedepan,” ucapnya.

    Sulaiha menyebut, khusus di SDN 3 Sinjai ada 3 Rombongan belajar (Rombel) atau 3 kelas peserta didik dengan total jumlah 60 orang. Mereka terbagi kelas 1a, 1b, dan 1c.

    “Kita berharap melalui MPLS peserta didik baru bisa mengenal dan beradaptasi dengan tempat mereka belajar saat ini,” jelasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts