Pemkab Polman Studi Tiru Pengelolaan Pariwisata Pesisir di Sinjai

0
69

SINJAI, – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, menerima kunjungan rombongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata.

Rombongan dipimpin Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Polman Sulbar, A. Parial Patajangi dan diterima Kadisparbud Sinjai, Yuhadi Samad di aula Disparbud Sinjai, Senin (1/11/2021)

A. Parial Patajangi mengatakan, kunjungan ke Kabupaten Sinjai dalam rangka melakukan studi tiru terkait pengelolaan pariwisata pesisir yang ada Kabupaten Sinjai.

Apalagi, pariwisata pesisir di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai dikenal cukup populer dan berkembang, salah satunya hutan mangrove Tongke-tongke.

“Kita melihat bahwa destinasi wisata yang ada di Sinjai ini sangat besar termasuk dengan pengelolaan dari pada hutan magrove Tongke-tongke,” ungkapnya.

Ia mengaku melakukan studi tiru mengingat kondisi geografis antara Polman dan Sinjai hampir sama. “Kami ini juga ada mangrovenya, makanya kita kesini untuk melihat seperti apa pengelolaannya,” jelasnya.

Kadisparbud Sinjai, Yuhadi Samad merespons positif kunjungan studi tiru Pemkab Polman. Yuhadi menuturkan, pariwisata yang ada di kabupaten Sinjai tidak saja dinikmati oleh pemerintah daerah yang diinginkan adalah bagaimana konsep pemberdayaan masyarakat tetap menjadi prioritas.

Hal ini dibuktikan dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan obyek wisata hutan mangrove Tongke-tongke, mulai dari petugas retribusi, pengelolaan parkir hingga pelaku usaha yang ada didalamnya.

“Kita memang inginkan masyarakat kita semakin siap untuk menjadi tuan rumah, semakin siap untuk di kunjungi dan kita harapkan mengambil peran sesuai dengan profesi masing masing sehingga banyak hal yang bisa di dapatkan oleh pengunjung dan terpuaskan dengan situasi dan kondisi yang ada di lapangan,” jelasnya.

Hadir mendampingi Kadisparbud Sinjai dalam menerima kunjungan rombongan Pemkab Polman, Sekretaris Disparbud Sinjai, Andi Ikbal, para Kabid dan Kepala Seksi Disparbud Sinjai. (Tim Website)