spot_img
Tuesday, March 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaStok Daging Sapi di Sinjai Aman Sampai Hari Raya Idul Fitri

    Stok Daging Sapi di Sinjai Aman Sampai Hari Raya Idul Fitri

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Bulan suci Ramadan 2021 ini, masyarakat diminta tak khawatir terhadap ketersedian daging sapi. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai menjamin ketersediaan kebutuhan tersebut, bahkan ketersediaan tersebut dipastikan aman hingga hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

    ”Insya Allah stok kebutuhan daging sapi di Kabupaten Sinjai selama bulan puasa hingga lebaran aman,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Sinjai, drh. Charidjah, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Kamis (15/4/21).

    Dia menjelaskan, ketersediaan sapi potong saat ini sebanyak 21.730 ekor, jumlah ini terdiri dari stok sapi jantan 13.317 ekor dan sapi betina afkir 8.413 ekor. Jika dikonversi dalam satuan berat yaitu berkisar 3 ribu ton daging sapi.

    Menurut Charidjah, dimasa pandemi ini kebutuhan konsumsi daging sapi di Kabupaten Sinjai mengalami penurunan, termasuk di awal bulan suci Ramadan ini sehingga persediaan daging melimpah. Harga daging sapi saat ini seharga 120 ribu/kilogram.

    “Permintaan daging sapi itu meningkat biasanya pada saat ada pesta pernikahan, hajatan dan termasuk permintaan dari warung makan, tapi di awal bulan puasa ini permintaan menurun dan biasanya mulai meningkat menjelang lebaran,” tandasnya.

    Adapun jumlah sapi yang dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) berkisar 2 – 4 ekor perhari tergantung dari permintaan konsumen, sementara menjelang di Hari Raya Idul Fitri biasanya hingga mencapai hingga 30 ekor sapi yang dipotong per hari.

    “Jadi kebutuhan Ramadan maupun Idul Fitri, ketersediaannya sangat cukup, bahkan melebihi, sehingga kita juga distribusikan ke daerah lain. Masyarakat tidak perlu khawatir dan takut sebab stok aman,” tambahnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts