Usai Tinjau Venue, KONI Sulsel : Sinjai Sangat Layak Jadi Tuan Rumah Porprov 2022

0
277

SINJAI – Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan dua tahun lagi. Namun Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Sulsel sudah melakukan visitasi venue dan sarana pendukung di dua Kabupaten Pelaksana Porprov tahun 2022 yaitu di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba.

Rombongan ini dipimpin oleh Wakil Ketua I KONI Sulsel H. Ambas Syam dan diterima oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong dan jajaran Pemkab Sinjai di Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Rabu malam (29/1/20).

Hari ini, Kamis (30/1/20) Tim KONI Sulsel langsung melakukan pengecekan kesiapan seluruh venue dari cababg olahraga yang dipertandingkan ataupun diperlombakan pada Porprov mendatang.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel DR. Abraham Razak saat ditemui di Stadion H. A. Bintang menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah dan KONI Sinjai yang telah mempersiapkan diri selaku tuan rumah Porprov.

Hal ini berdasarkan tinjauan dibeberapa sarana cabang olahraga yang ada di Sinjai yang dinilainya sangat siap menjadi tuan rumah pada event empat tahunan tersebut.
“Sinjai ini sangat representatif menjadi tuan rumah karena sebagian besar sarana yang ada sudah memenuhi standar misalnya stadion, kolam renang, sirkuit balapan, lapangan futsal dan lapangan basket semuanya sangat layak,” katanya.

Bukan hanya itu, Ia juga memuji fasilitas pendukung lainnya yang dinilai sudah sangat siap seperti wisma atlet dengan jumlah 45 kamar, area parkiran di lokasi venue serta sarana pendukung lainnya.

Meski demikian Ia belum bisa memastikan cabang olahraga apa saja yang dilaksanakan di Kabupaten Sinjai maupun di Bulukumba sebab setelah pengecekan venue di dua Kabupaten pihaknya akan melakukan rapat anggota untuk penentuan lokasi cabor.

“Dari hasil verifikasi kita ini dituangkan dalam rapat anggota pada bulan Maret mendatang untuk penentuan lokasi masing-masing cabang olahraga. Pada prinsipnya Sinjai sangat siap, kita lihat saja nanti, ” ujarnya.

Ketika ditanya terkait lokasi pembukaan Porprov, Abraham mengatakan bahwa Stadion H. A. Bintang sangat layak menjadi lokasi opening ceremony, namun pihaknya juga tetap akan membandingkan dengan kelengkapan Stadion yang ada di Bulukumba.

Sementara itu Ketua KONI Sinjai Suhardiman yang turut mendampingi KONI Sulsel selama meninjau venue merasa optimis seluruh venue yang ada di Sinjai layak digunakan untuk pelaksanaan Porprov 2022 mendatang.

“Kita optimis sebagian besar cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti bisa dilaksanakan di Sinjai termasuk Pembukaan maupun penutupan sebab boleh dikata kita paling siap jadi tuan rumah, ” ucapnya. (AaN Kominfo Sinjai)