Akademisi Memuji Terobosan Pemda Sinjai di Sektor Pendidikan

0
109

Di Usia setahun kepemimpinannya selaku orang nomor satu di Bumi Panrita Kitta, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa telah banyak mendapat apresiasi berkat program unggulan yang dilahirkan baik itu di bidang infrastruktur, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan sektor lainnya.

Bersama Wakil Bupati Hj. A. Kartini Ottong, Andi Seto dinilai memiliki komitmen kuat untuk melanjutkan dan membenahi program pendidikan.

Kepedulian Ayahandanya di dunia pendidikan ketika menjabat Bupati Sinjai dua periode A. Rudiyanto Asapa sehingga dikenal sebagai Tokoh Pelopor Pendidikan Gratis di Indonesia menjadi titisan darah pemimpin yang mengalir dalam tubuhnya dan dijadikan modal berharga untuk memberi perhatian khusus terhadap sektor pendidikan di Sinjai.

Beberapa program unggulan dibidang pendidikan mulai dari bantuan seragam gratis bagi anak sekolah, beasiswa kepada mahasiswa berprestasi hingga pelibatan Perguruan Tinggi dalam Pembangunan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Salah seorang Akademisi Sinjai Dr. Umar Congge menilai bahwa program yang dilahirkan oleh Pemda saat ini telah memberi angin segar bagi dunia pendidikan di Sinjai.

Menurut Umar Congge yang juga selaku Ketua STISIP Muhammadiyah Sinjai, pelibatan Perguruan tinggi dalam pembangunan yang ditandai dengan MOU merupakan langkah tepat dalam menjalin kerjasama khususnya merumuskan berbagai program pemerintah yang pro rakyat.

“Kami telah dilibatkan dalam menyusun naskah akademik terhadap program yang dilaksanakan oleh OPD. Olehnya itu saya sampaikan Terimah kasih kepada pemerintah daerah karena memberikan kepercayaan pada kita untuk bermitra,” kata Umar saat ditemui, di Ruang kerjanya, Kamis (10/10/19).

Bukan hanya itu, apresiasi luar biasa disampaikan Umar kepada Bupati Sinjai karena telah membuat kebijakan dalam bentuk pemberian beasiswa bagi Mahasiwa S1 hingga S3 yang sementara ini perbupnya dalam proses administrasi untuk dilakukan asistensi.

“Ada peningkatan tahun ini, jika pemerintahan sebelumnya hanya memberikan beasiswa S1, sekarang ini di jamannya A. Seto diberikan juga untuk mahasiswa yang lanjut di S2 dan S3, bahkan pemberian seragam sekolah ini perlu diapresiasi di dunia pendidikan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai program unggulan di bidang pendidikan ini sangat sesuai dengan visi dan misi Pemda Sinjai khususnya dalam meningkatkan kualitas Sumber daya Manusia agar menjadi unggul dan berdaya saing.

Umar Congge berharap kepada Pemerintah agar betul-betul memperhatikan pengembangan SDM karena yang menjadi penentu keberhasilan suatu daerah sangat ditentukan kualitas SDM yang dimiliki.

“Contohnya negara Singapura, Taiwan dan Jepang disana tidak ada pertanian tapi maju karena sektor jasa itu berarti ada persaingan SDM. olehnya itu pak Andi Seto bisa terus memberikan perhatian pengembangan SDM, infrastruktur sarana pendidikan mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi sebab lulusannya dapat dimanfaatkan oleh Pemda, ” bebernya.

Apresiasi yang sama datang dari Akademisi lainnya, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan STIP Muhammadiyah Sinjai A. Ridha Alamsyah. Dikatakannya sektor pendidikan menjadi perhatian utama Bupati Sinjai melalui pemberian beasiswa yang akan direalisasikan pada tahun ini.

“Semoga program ini terealisasi dengan cepat mengingat mahasiswa kita banyak yang berpotensi untuk itu, termasuk Beasiswa S2 dan S3,” ujarnya.

Selain itu kata Andi Ridha, Bupati Sinjai memiliki kepedulian terhadap pengembangan kemahasiswaan, hal ini dibuktikan ketika Bupati Sinjai berkunjung ke Kampus STIP Muhammadiyah Sinjai di akhir tahun lalu.

“Ada kelompok mahasiswa kami yang menampilkan produk olahannya ketika Pak Bupati datang kesini dan beliau mengarahkan kami ke Disperindag untuk dibantu pada pemasaran maupun kemasannya, ” tuturnya. (AaN/YM Kominfo Sinjai)