Wabup Sinjai Ajak Masyarakat Lestarikan Pesta Adat Marimpa Salo

0
52

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai bersama Pemerintah Desa Sanjai menggelar pesta adat Marimpa Salo yang dipusatkan di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Kamis (10/10/2019).

Kepala Disparbud Sinjai, Haerani Dahlan mengatakan pesta adat Marimpa Salo untuk melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sinjai, mengangkat dan memperkenalkan Potensi Budaya sebagai salah satu potensi wisata bagi seluruh masyarakat.

‚ÄúSelain meningkatkan solidaritas dan menggali partisipasi gotong royong masyarakat, Marimpa Salo diharapkan dapat meningkatkan minat dan jumlah kunjungan wisata khususnya wisatawan yang mencintai budaya lokal di Kabupaten Sinjai,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong mengatakan tradisi ini telah menjadi calender of event Propinsi Sulawesi Selatan, serta sebagai salah satu dari tiga warisan budaya tak benda Kabupaten Sinjai yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2018.

“Sepatutnya kita dapat bersama-sama lebih pro aktif dalam upaya melestarikan pesta adat Marimpa Salo ini serta melakukan promosi yang lebih intensif, sehingga dapat dikenal lebih luas bukan hanya masyarakat Kabupaten Sinjai tetapi juga oleh masyarakat luar Kabupaten Sinjai,” katanya.

Kartini berharap melalui Pesta Adat Marimpa Salo dapat menjadi potensi bertambahnya agenda wisata untuk menarik para wisatawan lokal maupun asing yang dapat memberikan nilai ekonomi bagi peningkatan pendapatan masyarakat. (Ayu Kominfo Sinjai)