spot_img
Thursday, May 9, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaMomen HJS ke-460, Asisten II Pemprov Sulsel Lakukan Napak Tilas di Situs...

    Momen HJS ke-460, Asisten II Pemprov Sulsel Lakukan Napak Tilas di Situs Perjanjian Topekkong

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    SINJAI, – Usai perayaan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-460 yang digelar, Selasa (27/02/2024) di Halaman Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dr. Muhammad Ichsan Mustari, didampingi oleh Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah, melakukan napak tilas dengan mengunjungi Situs Perjanjian Topekkong.

    Napak tilas di situs Topekkong yang terletak di Lingkungan Taipa Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara yang hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Sinjai itu merupakan salah satu rangkaian Hari Jadi Sinjai.

    Ketika tiba di lokasi, dr. Muhammad Ichsan Mustari bersama Pj Bupati Sinjai dan rombongan mengamati situs tersebut secara langsung dan mendengarkan pemaparan dari budayawan Zainal Abidin Ridwan mengenai sejarah Perjanjian Topekkong.

    Pj Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah, menggarisbawahi pentingnya memahami dan merevitalisasi sejarah lokal sebagai fondasi pembangunan yang lebih maju.

    Dia menekankan perlunya menjaga dan merawat situs ini sebagai bagian dari upaya melestarikan warisan budaya dan memberikan edukasi kepada generasi mendatang

    “Situs ini harus tetap dijaga dan dirawat sebagai upaya melestarikan dan edukasi yang akan terus diberikan pada generasi selanjutnya agar tidak lupa pada sejarah Daerah kita sendiri,” ucapnya.

    Selanjutnya, T.R. Fahsul Falah berkomitmen untuk mengembangkan situs ini menjadi tempat wisata yang tidak hanya monumental, tetapi juga edukatif. Dia menyatakan rencananya untuk menambah fasilitas agar generasi muda tertarik untuk belajar dan memahami isi perjanjian Topekkong.

    Asisten II Pemprov Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari memberikan apresiasi terhadap situs bersejarah ini dan menekankan pentingnya implementasi nilai-nilai Perjanjian Topekkong dalam menciptakan kedamaian dan kerukunan di Sinjai.

    Dia juga menyampaikan niatnya untuk mengusulkan pengembangan situs ini kepada Pj Gubernur Sulsel, mengingat pentingnya sektor pariwisata dalam pembangunan Daerah.

    “Saya kira selain sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Pemprov juga tengah mengenjot sektor pariwisata dan situs bersejarah seperti ini masuk didalamnya,” katanya.

    Acara berakhir dengan penandatanganan prasasti situs perjanjian Topekkong oleh Pj Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah, sebagai tanda komitmen dalam menjaga dan mengembangkan warisan sejarah Daerah. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts