spot_img
Friday, May 10, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPemkab Sinjai Sambut Tim Verifikasi Lomba Desa Wisata Nusantara di Pantai Mallenreng

    Pemkab Sinjai Sambut Tim Verifikasi Lomba Desa Wisata Nusantara di Pantai Mallenreng

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    SINJAI, – Para pejabat utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menyambut kedatangan tim verifikasi lapangan dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendesa dan PDT) yang menggelar Lomba Desa Wisata Nusantara.

    Kedatangan tim verifikasi lapangan ini disambut di objek wisata Pantai Mallenreng, Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur, Senin (30/10/2023).

    Mereka datang untuk melakukan penilaian objek wisata Pantai Mallenreng yang merupakan destinasi pariwisata milik Pemerintah Desa Panaikang.

    Dimana saat ini, Desa Panaikang yang memiliki objek wisata Pantai Mallenreng mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 yang digelar Kemendesa dan PDT.

    Kepala Desa Panaikang, Bahtiar menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai yang melakukan verifikasi lapangan.

    “Kami ucapkan selamat datang kepada bapak dan ibu tim penilai di Kabupaten Sinjai. Hadirnya objek wisata Pantai Mallenreng ini menjadi komitmen pemerintah desa bersama masyarakat dan juga adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sinjai. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pemicu bagi kami untuk bisa memajukan wisata di Desa Panaikang,” tuturnya.

    Sementara, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Irwansyahrani Yusuf yang mewakili Pj Bupati Sinjai menjelaskan, objek wisata Pantai Mallenreng ini dikelola oleh BUMDES Barugae Desa Panaikang.

    Adanya peluang di sektor wisata yang dikembangkan oleh Desa Panaikang kata Irwansyahrani, diharapkan mampu merangsang desa lain untuk melihat potensi wisata yang ada di desa masing-masing.

    Dihadapan tim penilai, ia menegaskan keseriusan Pemkab Sinjai untuk mengembangkan potensi pariwisata, khususnya yang ada di Desa Panaikang.

    “Hari ini kami menghadirkan semua pimpinan OPD, dan menjadi wujud keseriusan kami untuk pengembangan desa wisata di Kabupaten Sinjai,” ucapnya.

    Salah seorang tim verifikasi lapangan, Rini Nuraini menyampaikan bahwa penilaian dilakukan di Desa Panaikang karena berhasil masuk 45 besar dari 2.007 desa di seluruh Indonesia yang menjadi peserta Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023.

    “Alhamdulillah Desa Panaikang bisa masuk ke dalam 45 desa terpilih dari 2007 peserta. Kementerian Desa ingin memberikan apresiasi kepada desa-desa yang konsentrasi dalam pengelolaan wisata yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

    Sebelumnya, beberapa tahapan telah dilalui dalam penilaian Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023 ini. Setelah dilakukan verifikasi lapangan, tim penilai akan kembali menyaring para desa yang menjadi peserta lomba hingga 15 besar untuk selanjutnya ditentukan desa terbaik pada ajang yang digelar Kemendesa dan PDT. Saat ini, tim penilai melakukan verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts