Gebyar UMKM Berlangsung Sukses, Ketua Asosiasi IUMKM Sinjai Harap Bisa Jadi Even Tahunan

0
124

SINJAI, – Pelaksanaan Gebyar UMKM yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai yang berlangsung dari tanggal 26 November hingga 2 Desember 2022 di Lapangan Sinjai Bersatu berlangsung sukses.

Kegiatan yang melibatkan sekitar 334 pelaku usaha yang ada di Sinjai setidaknya memberi keberkahan tersendiri bagi pelaku UMKM. Betapa tidak, selama sepekan total transaksi penjualan mencapai Rp 137 juta lebih.

Ketua Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AIUMKM) AKUMANDIRI Sinjai, Jumain mengatakan bahwa pelaksanaan Gebyar UMKM telah membawa banyak sekali manfaat bagi masyarakat, utamanya para pelaku usaha.

Mereka bisa memasarkan produknya dengan riang karena segala fasiltas yang disiapkan oleh Pemkab Sinjai mulai dari booth dan perlengkapannya tidak dipungut biaya alias gratis.

“Saya kira apa yang dilakukan oleh Pemkab Sinjai sudah maksimal dan betul-betul memanjakan para pelaku usaha. Selain gratis, pelaku usaha juga terbantu dengan berbagai lomba yang dilaksanakan sehingga ini menambah daya pikat warga untuk berkunjung dan berbelanja di lokasi Gebyar UMKM,” katanya.

Tidak hanya itu, adanya kolaboratif yang melibatkan Asosiasi IUMKM dan para pemerhati di Sinjai sejak perumusan konsep hingga pelaksanaan acara menjadi bukti sinergutas dalam memajukan UMKM di Sinjai.

Lebih jauh dikatakan Jumain, sebelum adanya kegiatan ini banyak pelaku usaha yang belum memiliki perizinan lengkap. Namun adanya klinik UMKM selama kegiatan ini mereka sangat terbantu.

“Saya melihat antuasias pelaku usaha untuk mengurus NIB, PIRT, e-katalog lokal, QRIS hingga pengurusan NPWP cukup tinggi dan ini betul-betul memudahkan pelaku usaha kita agar produknya bisa lebih berkembang, ” ungkapnya.

Ia menilai kegiatan ini tidak hanya menguntungkan bagi para pelaku usaha akan tetapi masyarakat Sinjai juga mendapatkan informasi terkait produk-produk UMKM Sinjai.

“Banyak produk lokal yang memiliki kualitas tidak kalah dengan produk dari luar daerah dan selama ini tidak diketahui oleh masyarakat kita,” tuturnya.

Iapun berharap kepada Pemerintah Daerah agar kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin dan menjadi even tahunan kedepannya. (Tim Website)

Previous articleDigelar Tiga Hari, 847 Pelamar Mendaftar Selama Job Fair
Next articleBupati ASA Upayakan Akan Bangun Jembatan Gantung di Bongkong, Sinjai Tengah