Gelar Temu Penerima Layanan, DPMPTSP Paparkan Hasil Survey Kepuasan Masyarakat, Hasilnya Sangat Baik

0
132

SINJAI, – Selaku instansi pemerintah yang menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sinjai melakukan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan yang telah dijalankan.

Pada periode triwulan I atau rentang waktu bulan januari hingga juni tahun 2022, nilai survei IKM yang didapatkan DPMPTSP mencapai 95,22 persen atau sangat baik. Nilai itu diperoleh dari 1.278 responden.

Hasil survei IKM ini dipaparkan oleh Tim Pengelola data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Zainal Abidin Ridwan pada rapat temu penerima layanan survei kepuasan masyarakat yang berlangsung di Kantor DPMPTSP, Rabu (13/7/2022).

Kepala DPMPTSP Sinjai, Lukman Dahlan menerangkan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, pihaknya memang secara konsisten kurun waktu 6 bulan atau I semester selalu melakukan survei kepuasan masyarakat.

Dalam rentang waktu ini, dilakukan pengolahan data terhadap jawaban dari para responden tersebut atau masyarakat yang dilayani dengan berkerja sama dengan tim pengelola data di luar orang DPMPTSP Sinjai. Tim itulah yang mengelola data untuk memberikan kepastian seperti apa hasil dari survei tersebut.

“Jadi setiap orang yang datang di DPMPTSP ini selalu diberikan kuesioner untuk memberikan jawaban terhadap sejumlah pertanyaan tentang kepuasannya mendapatkan layanan,” ungkap Lukman usai pemaparan tersebut.

Tujuannya dikatakan Lukman, tak lain untuk mengetahui apalagi yang menjadi keluhan masyarakat seperti, mengenai kejelasan informasi, kenyamanan, keramahan, kecepatan dan kedisiplinan petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Hal itu semua kita cek, nanti kalau ada yang kurang maka kita lakukan penyempurnaan lagi. Kalau hasil menunjukkan surveinya bahwa ternyata di bidang ini masih kurang, di bawah standar yang diinginkan, itu berarti kita lakukan perbaikan lagi, kita coba cari tahu kenapa bisa, mengapa mereka tidak puas untuk unsur-unsur itu,” kata Lukman.

Mantan Kabag Hukum Setdakab Sinjai itu, mengaku bersyukur karena hasil survei kali ini mendapat nilai yang sangat baik. Sebab, terjadi peningkatan signifikan yang awalnya hanya 79 persen naik menjadi 89 persen pada akhir tahun lalu. Namun pada semester I tahun 2022 ini menjadi 95 persen.

“Itu angka yang membuat kami merasa senang bahwa ternyata ada peningkatan yang signifikan,” katanya.

Memang tambah Lukman, salah satu visi misi Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diharapkan bagaimana secara perlahan tingkat kepuasan masyarakat atas layanan publik di Bumi Panrita Kitta semakin baik.

“Itulah kami terus berusaha untuk mengukurnya dan menjadikan cermin bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan sesuai visi misi Pak Bupati,” kuncinya. (Tim Website)

Previous articlePMK Terdeteksi di Bone, Dinas Peternakan Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak
Next articleJelang Penilaian SPBE Tahun 2022, Tim Pengarah Gelar Rapat Persiapan