Kabid Kesmas Dinkes Sinjai Beberkan Manfaat Vaksinasi

0
130

SINJAI, – Manfaat vaksin Covid-19 penting untuk dipahami betul-betul untuk melawan keraguan. Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung hingga saat ini, tak terkecuali di Kabupaten Sinjai.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sinjai dr. Aliawati Albek saat menjadi pembicara Radio Talkhsow Pahlawan Lansi SIAP pada Rabu (8/6/2022) kemarin, membeberkan beberapa manfaat dari program vaksinasi tersebut.

Pertama merangsang sistem kekebalan tubuh. Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

“Vaksin sendiri sebenarnya adalah bagian tubuh virus yang kita masukkan atau antigen. Jadi begitu kita masukkan dalam tubuh maka secara otomatis tubuh akan membentuk anti body untuk melawan virus itu,” ujarnya.

Kedua, kata dr. Anti sapaannya yakni, mengurangi risiko penularan tubuh. Seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurang risiko terpapar.

“Begitu tubuh kita sudah punya tamen, sudah punya perisai untuk melawan, kita berharap bahwa ini akan mengurangi resiko penularan. Jika disekitar kita mungkin ada orang terinfeksi ataupun ada orang yang belum dapat vaksinasi, kita ini yang sudah dapat vaksin tentu akan kurang resiko untuk tertular atau terpapar,” katanya.

Kemudian manfaat yang ketiga adalah, mengurangi dampak berat dari virus. Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar, maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

“Jikalau kita terkena dan terinfeksi dengan virus tentu saja gejalanya mungkin lebih ringan. Jadi kalu kita melihat penelitian bahwa gejalanya lebih ringan seperti 3 kali lebih rendah dari gejala yang kita dapatkan,” tambahnya.

Terakhir tambah dr. Anti, untuk mencapai Herd Immunity. Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah atau negara, maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus Covid-19. (Tim Website)

Previous articleKemkominfo Bekali Nelayan Sinjai Kemampuan Operasikan Radio Komunikasi
Next articleLindungi Konsumen, Disperindag Sinjai Rutin Lakukan Tera Ulang UTTP