Bupati ASA Harap Festival ‘Gau Pakkaja’ Jadi Event Tahunan

0
57

SINJAI, – Guna melestarikan seni dan budaya daerah yang mulai kurang diminati anak muda agar lebih dikenal lagi di khalayak ramai di tengah perkembangan jaman era digital ini, PKBM Todilaling menggelar Festival Budaya maritim ‘Gau Pakkaja’.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bertempat di Pelabuhan Cappa Ujung Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu malam (23/10/2021).

Bupati ASA sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada PKBM Todilaling dan pemerintah kelurahan Lappa yang melaksanakan kegiatan ini dengan sukses dan mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat.

“Kita melihat antusias masyarakat cukup tinggi dan kedepan pemerintah daerah akan berupaya membantu mengembangkan seni budaya untuk melestarikan budaya leluhur kita. Selain menjadi ajang silaturahmi, kegiatan ini juga untuk memupuk  dan mempererat tali persaudaraan,” katanya.

Lulusan Magister di Monash University Australia ini mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momentum festival ini sebagai langkah awal memperkenalkan Kabupaten Sinjai ke Pemerintah Pusat melalui kebudayaan.

“Kita tahu bahwa budaya dapat menjadi salah satu daya tarik pariwisata kedepan. Melalui atraksi-atraksi budaya dapat menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Sinjai, ” tuturnya.

Andi Seto berharap festival budaya ‘Gau Pakkaja’ kedepan bisa menjadi event tahunan dan masuk dalam kalender of event Kabupaten Sinjai dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang berlangsung hingga tanggal 30 Oktober 2021 ini, beberapa rangkaian kegiatan diantaranya pertunjukan budaya daerah, pameran seni rupa budaya daerah, festival permainan tradisional, jejak kuliner daerah, seminar budaya pesisir dan gerakan budaya sehat. (Tim Website)