spot_img
Tuesday, May 7, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBupati ASA Dijadwalkan Buka Festival Budaya 'Gau Pakkaja'

    Bupati ASA Dijadwalkan Buka Festival Budaya ‘Gau Pakkaja’

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    SINJAI, – Untuk menyukseskan rencana pelaksanaan Festival Budaya ‘Gau Pakkaja’, Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai selaku instansi pembina dari PKBM Todilaling menggelar rapat koordinasi yang berlangsung di Aula Handayani Dinas Pendidikan Sinjai, Kamis (21/10/2021).

    Rapat ini dipandu oleh Kepala Dinas Pendidikan Sinjai A. Jefrianto Asapa dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Yuhadi Samad serta dihadiri oleh, Satgas Covid-19, perwakilan Polres, Kodim 1424 Sinjai, beberapa OPD terkait, Lurah Lappa A. Rivai Azis dan Panitia Pelaksana.

    Kadis Pendidikan Sinjai A. Jefrianto Asapa dalam arahannya menyampaikan bahwa festival budaya ‘Gau Pakkaja’ ini dilaksanakan oleh PKBM Todilaling program fasilitasi bidang kebudayaan (FBK) kategori pendayagunaan ruang publik Kemendikbud Ristek.

    Mengingat event ini berskala besar, pihaknya sangat mengharapkan kepada seluruh pihak untuk berpatisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini, apalagi dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19.

    “Kami sangat mengharapkan bantuan OPD dan seluruh stakeholder terkait agar kegiatan ini berjalan sukses sebab ini tentunya akan menggairahkan wisata dan budaya Sinjai secara keseluruhan,” jelasnya.

    Menurut Jefrianto, program ini sangat erat kaitannya dengan Program Bupati Sinjai dalam hal pengembangan budaya daerah sehingga PKBM Todilaling yang dipercayakan menggelar event ini menjadi peluang bagi Pemerintah Daerah untuk mempromosikan berbagai kebudayaan lokal Sinjai.

    Sementara itu Kepala Disparbud Sinjai Yuhadi Samad menyambut baik rencana kegiatan ini dalam rangka memajukan budaya daerah melalui festival budaya “Gau Pakkaja”.

    “Kami dari Disparbud sangat mengapresiasi kepada Dinas Pendidikan melalui PKBM Todilaling yang tak henti-hentinya mensuport untuk kemajuan budaya lokal yang ada di Sinjai, ” jelasnya.

    Melalui event budaya ini, kata Yuhadi, menjadi ajang untuk memunculkan budaya “Gau Pakkaja” dan menjadi aset yang penting untuk mempromosikan Budaya Sinjai.

    “Kita berharap staholder terkait lewat arahan bapak Bupati, semua OPD bisa bersinergi sehingga kegiatan ini berjalan baik dan menjadi barometer bagaimana mengangkat nilai-nilai budaya Sinjai yang pada akhirnya akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sinjai,” ungkapnya.

    Festival budaya ini rencananya akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 23 hingga 30 Oktober 2021 yang diawali dengan pertunjukan tari kolosal yang dipusatkan di Pelabuhan Cappa Ujung Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara dan akan dibuka langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

    Adapun beberapa rangkaian dalam event budaya ini diantaranya pertunjukan budaya daerah, pameran seni rupa budaya daerah, festival permainan tradisional, jejak kuliner daerah, seminar budaya pesisir dan gerakan budaya sehat. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts