Selain Tempat Ibadah, Masjid Sebagai Sarana Membentuk Karakter Siswa

0
38

SINJAI – Keberadaan masjid di sekolah diharapkan dapat membentuk pondasi keagamaan yang kuat dan baik supaya para siswa tidak hanya pandai pada otaknya, tetapi juga hati dan akhlaknya.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa saat memberikan sambutan dalam acara peletakan batu pertama Masjid Nur Ilham IKA SMPN 1 Sinjai, Rabu (7/04/21).

Menurutnya, tersedianya sarana dan prasarana masjid yang representatif maka karakter siswa bisa lebih meningkat dan menjadi sarana penunjang pendidikan karakter anak untuk bisa menciptakan SDM yang berakhlakul karimah.

“Banyaknya masjid dan mushollah di sekolah maupun lingkungan pemerintah dan swasta menandakan bahwa Sinjai memang religius sehingga visi dan misi Pemkab Sinjai berjalan dengan baik,” kata Bupati ASA.

Dengan kehadiran masjid ini nantinya diharapkan menopang berbagai program strategsi Pemkab Sinjai dalam bidang keagamaan, salah satunya melahirkan para hafiz sehingga para generasi muda memiliki akhlak yang mulia.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Dewan Penasehat Pembangunan Mashid Nur Ilham, Prof. Dr. Arismunandar. Menurutnya masjid bukan hanya sebagai tempat ibdah tetapi juga sebagai pusat pengembangan karakter anak sehingga kedepan bisa lahir para penghafal Al Qur’an.

“Bangunan fisik dari masjid dan sarana penunjang lainnya harus lebih bagus karena itu merupakan salah satu faktor dalam mendukung pengembangan karakter anak,” kata Mantan Rektor UNM tersebut.

Olehnya itu, Arismunandar yang juga alumni SMPN 1 Sinjai berharap, Masjid Nur Ilham ini bisa menjadi icon dan memiliki seni arsitektur yang bagus apalagi letaknya berada di tengah-tengah kota Sinjai. (Tim Website)