spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaUpaya Dinsos Sinjai Tangani PMKS

    Upaya Dinsos Sinjai Tangani PMKS

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Penanganan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kabupaten Sinjai menjadi salah satu perhatian serius Pemerintah Kabupaten Sinjai.

    Melalui Dinas Sosial (Dinsos), tahun 2021 ini merancang berbagai program mulai dari pendampingan, pelatihan, dan pembinaan seperti pendampingan kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP)/Kelompok Usaha Bersama (KUB) bagi penyandang disabilitas maupun lansia (lanjut usia) potensial.

    Beberapa program diantaranya sudah berjalan khususnya yang anggarannya bersumber dari Pemerintah Pusat seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), program sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH).

    “Program bansos ini tidak hanya menyasar bagi warga yang terdampak Covid-19, namun juga menyasar para lansia dan penyandang disabilitas, ” kata Pelaksana Tugas Kadis Sosial Sinjai Andi. Muh. Idnan, saat ditemui, Selasa (23/02/21).

    Selain itu, berbagai program lain yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan khususnya para penyadang disabilitas seperti pelatihan, bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD), alat bantu dan bantuan bibit ikan nila.

    “Tiap tahun kami usulkan ke Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat agar penyandang disabilitas ini mendapatkan alat bantu seperti alat bantu pendengaran dan sejenisnya. Sementara untuk bantuan bibit ikan nila ini kita rencanakan dari APBD Kabupaten Sinjai, ” ungkapnya.

    Menurut Idnan, berbagai bantuan ini merupakan salah satu perwujudan visi dan misi Pemkab Sinjai yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023 untuk memenuhi hak dalam rangka peningkatan kapabilitas dan tanggung jawab sosial penyandang disabilitas dan lansia sebagai bagian masyarakat.

    “Ini merupakan bentuk perhatian Bapak Bupati Sinjai Andi Seto Asapa yang memberi perhatian khusus kepada penyandang disabilitas maupun lansia agar mereka juga memiliki hak yang sama untuk membangun diri sendiri dan daerahnya,” tandasnya.

    Dinas Sosial juga setiap saat melakukan verifikasi dan validata data jumlah penyandang disabiltas dan lansia di Sinjai agar kedepan bisa mendapatkan bantuan. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts