Polsek Sinjai Utara Tekan Penyebaran Covid-19 Melalui Program ‘Balla Ewako’

0
35

Program Unggulan Polda Sulsel dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19, “Balla Ewako” telah masif di di Polres Sinjai salah satunya di jajaran Polsek Sinjai Utara.

Program Balla Ewako digelar di seluruh kecamatan di kabupaten Sinjai dengan melibatkan semua pihak baik pemerintah, TNI dan Polri. Balla Ewako itu sendiri bertujuan sebagai pusat informasi dan penanganan Covid-19.

Kapolsrk Sinjai Utara AKP Abd. Haris mengemukakan, khusus di Sinjai Utara “Balla Ewako dibentuk di enam titik yatu di masing-masing kelurahan dan lokasinya berada di Kantor Kelurahan setempat.

“Jadi ada enam posko Balla Ewako di sinjai Utara, kenapa kami tempatkan di Kantor Kelurahan tidak lain untuk memberikan pebguatan serta memudahkan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19, ” ujarnya, Senin (10/8/20).

Melalui program ini pihaknya melalui Bhabinkamtibmas, Babinsa bersama pemerintah setempat baik secara bersama-sama maupun secara individual melakukan edukasi kemasyarakat dalam berbagai kesempatan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu Lurah Lappa Andi Rivai Azis saat ditemui memberikan apresiasi dan dukungan dengan adanya program Balla Ewako dalam penanganan Covid-19.

Menurutnya, program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

“Hal yang paling urgen di kelurahan Lappa ini masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker, namun sejak adanya Program Balla Ewako ini, alhamdulillah masyarakat sudah mulai sadar akan tentangnya penggunaan masker dalam beraktivitas sehari-hari, ” ujarnya.

Secara terpisah, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan bahwa menghadapi Covid-19, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak dalam membantu pemerintah agar protokol kesehatan dapat tersosialisasikan secara masif. Bupati ASA berharap, program tersebut diikuti oleh desa maupun kelurahan lain.

“Mari bersama-sama bersinergi untuk mewujudkan program ini, karena posko ini akan sangat membantu Pemerintah dalam mensosialisasikan protokol kesehatan, serta kebiasaan baru atau tatanan hidup baru di tengah masyarakat”, jelasnya.