spot_img
Monday, May 6, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaCalon Haji Gagal Berangkat, Jamaah Bisa Minta Pengembalian Dana

    Calon Haji Gagal Berangkat, Jamaah Bisa Minta Pengembalian Dana

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    SINJAI – Sebanyak 232 calon jemaah haji (CJH) di Kabupaten Sinjai dipastikan batal naik haji tahun ini. Pemerintah pusat melalui Menteri Agama RI, Fachrul Razi memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji tahun 2020 ke Arab Saudi di tengah pandemi virus corona

    Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai meminta calon jemaah haji Sinjai tetap tenang dan ikhlas menerima keputusan tersebut.

    Sekaitan dengan batalnya pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 ini, Kasubag Tata Usaha (TU) Kemenag Sinjai, Syamsul Bakhri mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa skema.

    Salah satunya memastikan agar jamaah tidak mengalami kerugian hingga mengembalikan uang pelunasan yang sudah dibayarkan. Skema tersebut menjamin tidak merugikan jamaah.

    “Misalnya total biaya Rp39 juta lebih, setoran awal atau pendaftarannya itu sudah ada didalamnya sebanyak Rp25 juta. Jadi sisanya itu yang bisa dikembalikan. Perlu diingat uang pelunasan, bukan uang pendaftaran hajinya,” kata Syamsul saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (3/6/2020).

    Dana pelunasan tersebut kata dia, tergantung dari calon jemaah, apakah yang bersangkutan mau mengambil ataukah tetap memberikan ke pemerintah yang telah disetorkan dan dikelola oleh pemerintah sendiri.

    Lebih lanjut Syamsul mengatakan, pasca adanya peraturan pembatalan ibadah haji, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait jemaah yang akan mengambil kembali dana pelunasan.

    “Sampai hari ini belum ada yang melapor untuk dikembalikan, tetapi kalau ada yang datang melapor kita dari Kemenag khususnya seksi pelayanan haji siap melayani,” katanya.

    Diapun berharap kepada seluruh calon jemaah haji yang sudah melengkapi dokumen dan telah melakukan pembayaran untuk tetap bersabar dan mengembalikan ke Yang Maha Kuasa.

    “Mungkin sudah takdir dari Allah bahwa tahun ini tidak ada kegiatan penyelenggaraan ibadah haji. Olehnya itu kita berharap kepada seluruh calon jemaah tetap bersabar dan tetap menjaga kesehatan untuk persiapan tahun 2021,” tandasnya. (Jum/Lela Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts