Berkat Layanan Kesehatan PSC 119, Warga Baringeng Dapat Tertangani Dengan Cepat

0
182

Kepemimpinan Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Hj. A. Kartini Ottong genap berusia satu tahun. Berbagai program pembangunan dan terobosan telah dilahirkan sebagai bentuk implementasi perwujudan visi dan misi yakni “Terwujudnya Masyarakat Sinjai yang Mandiri Berkeadilan dan Religius Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berdaya Saing”.

Berbagai program prioritas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dalam setahun terakhir ini telah dirasakan manfaatnya oleh warga, salah satunya kehadiran program Public Safety Center (PSC) 119.

Program PSC 119 yaitu sebuah sistem pelayanan pasien gawat darurat dengan sistem jemput bola dimana pasien mendapat tindakan pertama dari medis sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih optimal.

Kehadiran PSC 119 dapat memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Sinjai dalam memperoleh pelayanan kegawatdaruratan di bidang kesehatan yang mana selama ini memang menjadi fokus utama dalam mendapatkan bantuan medis yang diperlukan darurat.

Foto Saat Bupati Sinjai A.Seto Gadhista Asapa, Launcing PSC 119 di Lapangan Bikeru Sinjai Selatan

Sejak diluncurkan di awal kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, Program ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sinjai.

Salah satu warga yang pernah merasakan pelayanan ini yakni Fatanga (90) warga Dusun Baringeng Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur.

Saat ditemui dikediamannya Selasa (1/10/19) Fatanga yang berasal dari warga kurang mampu ini merasa bersyukur sebab ia pernah dijemput oleh Tim PSC sewaktu menderita sakit diare sekitar tiga minggu lalu.

Fatanga menceritakan bahwa awalnya ia enggan untuk dirujuk ke Puskesmas karena ia tidak memiliki kendaraan apapun, namun berkat informasi dari keluarga dan kerabatnya bahwa ada tim PSC yang siap menjemput pasien akhirnya bersedia menajalani perawatan di Puskesmas Panaikang.

“Alhamdulillah program ini bagus dan betul-betul bermanfaat, apalagi seperti saya ini yang tidak punya kendaraan, namun berkat mobil ambulans yang datang menjemput akhirnya bisa dirawat di Puskesmas, ” ujarnya.

Menurut Fatanga, Program ini tidak pernah dirasakan di era pemerintahan sebelumnya sehingga ia berharap program ini tetap terus berjalan dan pelayanan srmakin ditingkatkan.

Ditempat terpisah Koordinator PSC 119 Puskesmas Panaikang Haripdinal saat ditemui mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sinjai di bidang kesehatan yang merupakan penjabaran dari program Jamkesda Plus.

Mobil pelayanan PSC 119 ini siap 24 jam kapan saja menjemput pasien yang berada di wilayah di Sinjai untuk dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit.

“Jadi kami selalu standby di Puskesmas dan selalu siap untuk menjemput pasien ke tempat pelayanan kesehatan. Program ini sudah berjalan dan sudah ada beberapa pasien yang memang tidak bisa ditangani di rumah kita jemput untuk dibawa ke Puskesmas, ” katanya.

Bukan hanya melayani pasien gawat darurat atau ingin melahirkan, Haripdinal yang juga Ketua Himpunan Tenaga Sukarela Kesehatan (Himteskes) Sinjai menambahkan bahwa PSC ini juga melayani warga yang terkena bencana seperti kecelakaan lalu lintas, kebakaran dan bencana lainnya. (Aan Kominfo Sinjai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here