spot_img
Thursday, May 9, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaWarga Pulau Sembilan Jalani MBS, Antisipasi Kasus Malaria

    Warga Pulau Sembilan Jalani MBS, Antisipasi Kasus Malaria

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Sinjai, – Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai dan Dinas Kesehatan Provinsi melakukan Mass Blood Survey (MBS), di Kecamatan Pulau IX (Sembilan).

    Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari temuan satu kasus malaria pada ibu hamil di Desa Buhung Pitue.

    Ketua Tim MBS Dinas Kesehatan Provinsi, Tuti Erawati mengatakan, MBS ini dilakukan merupakan bentuk kewaspadaan dini terhadap penularan penyakit malaria.

    “Dalam MBS ini semua warga pada satu wilayah diambil sampel darahnya, dan hari ini hari kedua”, katanya, Rabu (04/09/19).

    Selanjutnya sampel darah tersebut, akan diperiksa oleh UPTD LABKESDA untuk memastikan sampel darah tersebut, apakah positif atau tidak mengandung parasit malaria.

    Di hari pertama MBS, pihaknya telah mengambil sampel darah 532 orang dari semua golongan umur. Sasaran selanjutnya semua siswa sekolah dan wilayah dusun tiga, akan ditargetkan minimal 80% dari jumlah warga desa.

    Sementara itu, Kepala Puskesmas Pulau IX, Agussalim menuturkan, satu kasus malaria pada ibu hamil ini ditemukan berdasarkan ke aktifan Home Care dan Home Visit petugas pustu dan poskesdes sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan kesehatan.

    “Saya sangat mengsupport kerja teman-teman  karena wilayah kami kepulauan jadi pustu/poskesdes adalah ujung tombak pelayanan kesehatan sebelum di rujuk ke puskesmas nantinya,” ujarnya.

    Keaktifan petugas kesehatan Puskesmas Pulau IX kemudian di apresiasi Kepala Desa Buhung Pitue, H. Arifuddin. Ia menyampaikan terima kasih dengan adanya kegiatan tersebut.

    ” Terima Kasih karena warga kami bisa mengetahui status kesehatan mereka apakah positif malaria atau tidak sehingga bisa cepat ke pelayanan kesehatan kalau ada gejala”, tandasnya. (Irawan Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts