spot_img
Tuesday, May 21, 2024
More
    spot_img

    Jelang HUT Ke 78 RI, Pemkab Sinjai Adakan Upacara Taptu dan Pawai Obor

    More articles

    SINJAI, – Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melaksanakan Upacara Taptu (penetapan waktu) , di Halaman Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Rabu (16/8/2023) malam.

    Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Sumardi dan Komandan Upacara Lettu Inf. Sahabuddin (Kodim 1424 Sinjai).

    Upacara taptu ini diawali dengan penyalaan api obor secara simbolis yang dilakukan oleh Dandim 1424 Sinjai selaku Inspektur Upacara kepada peserta upacara yang diikuti oleh seluruh peserta yang berasal dari unsur TNI dan Polri, ASN, Satpol PP dan Ormas yang ada di Sinjai.

    Pembakaran obor ini merupakan simbol semangat pejuang negara yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

    Selanjutnya peserta upacara melakukan pawai obor dengan melintasi sejumlah jalan di seputaran kota Sinjai dan kembali finis di Halaman Rumah Jabatan Bupati Sinjai.

    Upacara taptu ini dihadiri oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin  para Forkopimda, Ketua TP. PKK Sinjai Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa,  para Asisten, Staf Ahli Bupati serta Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Sinjai.

    Usai upacara dan Pawai obor, Bupati ASA mengatakan bahwa upacara Taptu ini merupakan bagian yang rutin dilaksanakan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

    Hal tersebut sebagai upaya mengingat kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan serta menghargai upaya-upaya pahlawan dalam mengisi kemerdekaan ini.

    “Inilah bentuk rasa syukur kita kepada yang maha kuasa dan rasa gembira kita melalui taptu kalau besok itu adalah 17 Agustus hari raya kemerdekaan Republik Indonesia,” jelasnya. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest