spot_img
Sunday, May 19, 2024
More
    spot_img

    Digelar di Hutan Mangrove Tongke-Tongke Lomba Jalan Cepat Merdeka Disparbud Berlangsung Meriah

    More articles

    SINJAI, – Puluhan peserta perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai beradu kecepatan berjalan pada Lomba Jalan Cepat Merdeka dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 Tahun.

    Lomba yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, Senin, (14/8/2023) sore tadi berlangsung di objek wisata hutan mangrove Tongke-tongke di Desa Tongke-tongke, Kecamatan Sinjai Timur.

    Berdasarkan pantauan gemuruh suara yang meriah, heboh, bahagia, dan canda begitu nyaring terdengar ditelinga saat peserta dipanggil satu per satu digaris start untuk memperlihatkan kepiawaian mereka dalam mengola gerak langka kaki.

    Kadisparbud Sinjai, Tamzil Binawan menerangkan secara tekhnis, jalan cepat dapat didefinisikan sebagai gerak maju langkah kaki yang dilakukan sedemikian rupa, sehingga kontak dengan tanah atau papan tidak terputus dan tetap terjaga. Perbedaannya pada saat berlari ada moment dimana kedua kaki melayang.

    Sederhananya kata dia, selama melakukan gerakan olahraga jalan cepat, kaki penyangga kedepan harus selalu lurus dan tidak bengkok di bagian lutut pada saat posisi tegak, dengan tumit kaki yang mendarat terlebih dahulu.

    Lebih lanjut Tamzil mengatakan bahwa, dipilihnya objek wisata Tongke-Tongke sebagai tempat pelaksanaan Lomba Jalan Cepat ini, juga merupakan salah satu upaya mempromosikan geliat pariwisata di Bumi Panrita Kitta.

    “Umumnya lomba-lomba yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT RI biasanya di tempat-tempat terbuka lainnya, tapi kali ini berbeda, kalau biasanya juga masyarakat datang disini (Tongke-Tongke) hanya untuk berfoto maka pada hari ini kita hadirkan nuansa lain dengan mengadakan lomba olahraga di tempat ini,” ujar Tamzil saat ditemui.

    Lomba Jalan Cepat ini dikatakan Tamzil diikui perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) sebanyak 30 peserta baik putri maupun putra. Bahkan, terlihat beberapa Kepala OPD turut ambil bagian dalam ajang tersebut.

    Sebut saja, ada Kepala Dinas Perindag dan ESDM Sinjai Muh Saleh, Kepala Dinas P3AP2KB Sinjai Andi Tenri Rawe Baso serta Kepala Bappeda Sinjai, Haerani Dahlan.

    “Alhamdulillah ada beberapa kepada Dinas yang turut berpartisipasi jadi peserta. Ini membuktikan bahwa mereka mensupport kegiatan yang kami laksanakan,” pungkasnya. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest