spot_img
Sunday, May 5, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBupati ASA Buka Musrenbang RKPD 2024 Tingkat Kabupaten Sinjai

    Bupati ASA Buka Musrenbang RKPD 2024 Tingkat Kabupaten Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    SINJAI, – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 tingkat Kabupaten digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kamis (6/4/2023).

    Musrembang ini dibuka oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang dihadiri oleh Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulsel Ir. Sulkaf S. Latif, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, Wakil Bupati Hj. A. Kartini Ottong, para Forkopimda, Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa dan perwakilan Bappelitbangda Provinsi Sulsel.

    Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan musrembang adalah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan di tahun 2024.

    “Kegiatan ini adalah forum musyawarah tahunan stakeholder Kabupaten untuk mematangkan rancangan kerja Perangkat daerah berdasarkan sinkronisasi hasil musrembang kecamatan dengan Rencana Kerja satuan kerja Perangkat Daerah,” katanya.

    Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulsel Ir. H. Sulkaf S. Latif mengatakan, Musrenbang tahun ini tidak lagi diwarnai dengan kondisi terbatas akibat pandemi covid-19 sehingga substansi dari pelaksanaan musrenbang diharapakan bisa lebih maksimal.

    “Musrenbang ini sebagai wadah untuk sinkronisasi dan penyelarasan perencanaan pembangunan pada level Pemerintah kabupaten dan penajaman rencana program dan kegiatan RKPD tahun 2024,” katanya.

    Ia juga menyampaikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Sinjaj dan seluruh pemangku kepentingan pembangunan atas segala dukungan kontribusi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dalam mewujudkan Sulawesi Selatan yang lebih sejahtera.

    Sementara itu, Bupati ASA dalam sambutannya menyampaikan bahwa RKPD tahun 2024 yang akan disusun ini akan mengacu pada dokumen rencana pembangunan daerah (RPD) tahun 2024-2026 sehingga dalam penyusunannya tetap memperhatikan kesinambungan program-program yang sudah berjalan dari RPJMD tahun 2019-2023 utamanya yang telah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

    “Saya berharap pada tim anggaran Pemerintah Daerah agar dapat melakukan asistensi terhadap Perangkat Daerah untuk memprioritaskan alokasi anggaran untuk pencapaian target program kegiatan di tahun 2024,” harapnya.

    Bupati ASA juga berharap agar seluruh Perangkat Daerah dapat melakukan kerja-kerja secara efektif dan efisien untuk mensiasati keterbatasan kemampuan keuangan dan anggaran daerah melalui musrenbang Kabupaten ini.

    Lebih lanjut dikatakan, tema pembangunan yang direncanakan sebagai tema RKPD Kabupaten Sinjai tahun 2024 adalah Pembangunan Ekonomi inklusif untuk Pemerataan Pembangunan yang Berkelanjutan.

    “Tema RKPD ini akan fokus pada program prioritas dalam melanjutkan pemulihan ekonomi, peningkatan SDM, memaksimalkan sumber daya alam sektor pertanian, sektor pariwisata, sektor perikanan, sektor jasa/industri dan UMKM, peningkatkan infrastruktur pendukung serta dukungan pada bidang keagamaan” kuncinya.

    Dalam Musrenbang ini juga disampaikan pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Sinjai yang disampaikan oleh Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin dan penyampaian usulan anak dari perwakilan forum anak.

    Hadir sebagai peserta dalam Musrenbang ini adalah para Kepala OPD, Anggota DPRD, Camat, Pimpinan perguruan tinggi, organisasi pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan dari forum anak. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts