spot_img
Saturday, May 4, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaHadiri Bedah Buku ALDERA, Bupati ASA: Jadi Referensi Positif Pergerakan Mahasiswa

    Hadiri Bedah Buku ALDERA, Bupati ASA: Jadi Referensi Positif Pergerakan Mahasiswa

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    MAKASSAR, – Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993 – 1999 yang dituangkan seorang aktivis 98, Dr. Pius Lustrinalang dalam sebuah tulisan di buku ALDERA, di bedah dalam sebuah acara yang digelar IKA Unhas dan Yayasan Anak Rakyat Indonesia di Ballroom Mahoni Hall, Hotel Claro Makassar, Jumat (11/11/2022).

    Bedah buku ALDERA akronim dari Aliansi Demokrasi Rakyat, dihadiri oleh sejumlah Kepala Daerah. Termasuk Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), forum Rektor dan Dosen, forum Pimpinan Redaksi, serta BEM se- Kota Makassar.

    Menurut Bupati ASA, buku ALDERA wajib untuk di baca. Buku dengan 308 halaman ini, kata Bupati ASA menjadi bagian dalam perjalanan sistem politik bangsa Indonesia yang sebelumnya menganut sistem otoriter menjadi sistem demokrasi saat sekarang ini.

    “Beliau (Pius Read) adalah salah satu aktivis di masa orde baru atau aktivis 98 yang menuangkan perjuangan para aktivis untuk melawan otoriter menjadi demokrasi. Pergerakan – pergerakan mahasiswa saat itu dituangkan dalam buku ALDERA,” kata Bupati ASA.

    Alumni Monash Australia University, ini berharap buku ALDERA yang diterbitkan 25 tahun sejak sistem pemerintahan demokrasi berlangsung di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat menjadi referensi bagi pemuda, sekaligus merasakan atmosfer pergerakan aktivis pada saman orde baru.

    “Mudah-mudahan kita bisa mengambil nilai dan hal-hal positif buat kita, khususnya bagi para pemuda dan mahasiswa yang tidak merasakan zaman orde baru,” harapnya.

    Pius Lustrinalang yang juga Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada kesempatan itu berharap buku ALDERA dapat menjadi penyemangat dan inspirasi bagi pemuda dan mahasiswa dalam menentukan nasib bangsa Indonesia kedepan.

    Bedah buku ALDERA dengan tema “Tanggung Jawab Moral Pius Lustrinalang” menghadirkan sejumlah panelis seperti Prof. Drs. Hamdan Juhannis Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. H. Amran Razak Wakil Rektor III Unhas Era Reformasi, Prof. Dr. Ir. H. Husein Syam Rektor UNM Makassar, serta Akbar Endra Aktivis AMPD. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts