spot_img
Sunday, May 19, 2024
More
    spot_img

    Program Home Care, Home Visit Dan PSC 119 Berhasil Tekan Kunjungan Pasien

    More articles

    SINJAI – Program Pemerintah Kabupaten Sinjai, dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa – Andi Kartini Ottong di bidang kesehatan, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

    Terbukti satu tahun lebih kepemimpinannya, Program home care, home visit dan PSC (Public Safety Center) 119 berhasil mengurangi angka kunjungan pasien ke sarana kesehatan.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. A. Suryanto Asapa saat acara Musrenbang di Kecamatan Sinjai Selatan mengungkapkan, khusus di Kecamatan Sinjai Selatan selama tahun 2019 program ini banyak dinikmati oleh masyarakat.

    Berdasarkan data dari dua Puskesmas di Sinjai Selatan yaitu Puskesmas Samaenre dan Puskesmas Aska, Program home visit dirasakan warga Sinjai Selatan sebanyak 1.641 kunjungan, home care 700 kunjungan dan PSC 119 sebanyak 244 pasien yang dijemput.

    “Melalui program unggulan ini angka kunjungan orang sakit berkurang di dua Puskesmas dan ini harus dipertahankan,” jelasnya.

    Untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan di Kecamatan Sinjai Selatan kata Andi Suryanto Asapa, tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Sinjai mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,7 milyar untuk kegiatan operasional dengan rincian Rp 3,2 milyar untuk Puskesmas Samaenre dan Rp 2,5 milyar untuk Puskesmas Aska serta pengadaan motor trail untuk Puskesmas Samaenre.

    “Tahun ini hanya kegiatan operasional kita anggarkan di dua puskesmas, karena untuk anggaran fisik tahun ini dilakukan di Puskesmas Borong Kompleks dan Puskesmas Biji Nangka. Insya Allah tahun depan anggaran fisik kita lakukan di Puskesmas yang ada di Sinjai Selatan,” jelasnya. (AaN Kominfo Sinjai)

    - Advertisement -spot_img

    Latest