spot_img
Tuesday, May 21, 2024
More
    spot_img

    Dinas TPH-Bun SulSel Gelar TOT Pengembangan Budidaya Pisang di Sinjai

    More articles

    SINJAI, – Puluhan penyuluh pertanian di Kabupaten Sinjai mengikuti Training Of Trainer (TOT) Pengembangan Budidaya Pisang, Kamis (07/12/2023).

    Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPH-Bun) Provinsi Sulawesi Selatan ini digelar di Aula Wisma Sanjaya Putra Sinjai.

    Penyuluh Pertanian Dinas TPH-Bun Provinsi Sulsel Suryadi mengatakan bahwa pelaksanaan TOT ini diadakan di 15 Kabupaten/kota di Sulsel dalam rangka meningkatkan kompetensi para penyuluh dalam pengembangan budidaya pisang.

    “Dari 15 Kabupaten/kota di Sulsel, Sinjai ini salah satunya kita laksanakan TOT untuk para penyuluh agar mereka bisa menjadi penyambung lidah bagi para petani dalam pengembangan budidaya pisang khususnya pisang cavendish,” jelasnya.

    Dikatakan, salah satu program prioritas Pj. Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin adalah Gerakan Gemar Menanam Pisang (G2MB) olehnya itu dengan TOT ini para penyuluh memahami betul budidaya pisang dengan baik.

    “Besar harapan bapak Pj. Gubernur menjadikan Sulsel ini sebagai penghasil pisang di dunia dan peluangnya sangat besar terlebih pisang cavendish ini komoditi ekspor,” ucapnya.

    Sementara itu Kadis TPHP Sinjai H. Kamaruddin yang membuka kegiatan ini menyampaikan terima kasih dan bangga karena Sinjai menjadi salah daerah pelaksanaan TOT dalam rangka menyukseskan program prioritas Pj. Gubernur Sulsel.

    “Kami atas nama Pemkab Sinjai mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sulsel. Semoga ini menjadi awal bagaimana penyuluh bisa melakukan sosialisasi kelapangan terkait budidaya pisang cavendish untuk mengawal program Pj. Gubernur Sulsel.

    Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 penyuluh pertanian, mereka diberikan materi terkait Budidaya Pisang mulai dari teknik pembibitan, perawatan, pencegahan hama, skema KUR hingga prospek pemasaran. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest