spot_img
Wednesday, April 17, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaHadiri Tradisi Budaya Ma'rimpa Salo, Pj Bupati Bangga Melihat Kekayaan Budaya Sinjai

    Hadiri Tradisi Budaya Ma’rimpa Salo, Pj Bupati Bangga Melihat Kekayaan Budaya Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Tradisi kebudayaan masyarakat pesisir di Desa Bua Kecamatan Tellulimpoe dan Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, yakni pesta adat Ma’rimpa Salo kini kembali digelar, Selasa (10/10/2023).

    Pesta adat yang digelar secara bergantian oleh 2 desa ini dilaksanakan setiap tahun. Di tahun 2023 ini, Desa Bua Kecamatan Tellulimpoe menjadi tuan rumah pelaksana.

    Budaya Ma’rimpa Salo yang dilaksanakan secara turun temurun ini dihadiri langsung Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah bersama Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai Cut Resmiati.

    Melihat kekayaan budaya yang ada di Kabupaten Sinjai, Pj Bupati menyampaikan rasa bangganya di hadapan ratusan masyarakat Desa Bua dan Desa Sanjai.

    Sebab menurutnya, budaya yang ada di tengah masyarakat khususnya tradisi Ma’rimpa Salo ini sarat akan makna dan nilai filosofi positif dalam rangka penguatan budaya lokal serta jati diri masyarakat.

    “Sebagai warga Sinjai, kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena daerah kita ini menyimpan banyak potensi budaya yang apabila dikemas dengan baik akan menjadi aset tak ternilai harganya untuk membentuk karakter dan budi pekerti masyarakat yang tangguh serta dapat menjadi penopang dalam mengembangkan industri pariwisata,” ujarnya.

    Sebagai salah satu dari 3 Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang diakui secara nasional, Pj Bupati TR mengharapkan pesta adat Ma’rimpa Salo ini dapat dipromosikan secara intens agar dikenal lebih luas oleh khalayak masyarakat.

    “Olehnya itu, diperlukan dukungan dari segenap stakeholder terkait, termasuk masyarakat di Desa Bua ini untuk senantiasa berperan aktif dalam pelaksanaan maupun promosi pesta adat budaya Ma’rimpa Salo. Serta dapat mengemas kegiatan ini agar dapat menarik untuk dikunjungi wisatawan,” pesannya.

    Setelah menyampaikan sambutan, Pj Bupati Sinjai bersama para pejabat yang hadir dan masyarakat Desa Bua dan Desa Sanjai kemudian beranjak menuju perahu yang telah disiapkan untuk mengikuti prosesi atau tradisi menghalau ikan dari hulu hingga muara Sungai Appareng.

    Tradisi kebudayaan tersebut disaksikan oleh ratusan masyarakat setempat, maupun para pelajar dan wisatawan yang hadir dari luar daerah.

    Sekedar diketahui, pesta adat Ma’rimpa Salo digelar sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil panen ikan atau “mappaenre bale” dan juga hasil panen sawah dan kebun. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts