spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    Dinas Perikanan Sinjai Bangun Dua Unit Pengolahan Ikan

    More articles

    SINJAI, – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Perikanan saat ini tengah melakukan pembangunan dua Unit Pengolahan Ikan (UPI) sebagai upaya pembinaan kepada nelayan atau Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar).

    Kedua UPI tersebut berada di kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara berupa bantuan paket sarana dan prasarana pengolahan abon ikan serta paket sarana dan prasarana pengasapan ikan.

    Kepala Dinas Perikanan Sinjai, Syamsul Alam saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (5/9/2023) mengatakan bahwa langkah ini bentuk pembinaan kepada masyarakat supaya semakin menggeliat usahanya pasca pandemi COVID-19.

    Selain berupa bangunan, Poklashar ini juga akan dilengkapi sarana pengolahan atau peralatan yang memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah.

    “Bangunan UPI yang dibangun uni sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Semua peralatan juga kita siapkan sehingga bagaimana didalamnya proses produksi bisa memenuhi standar prosedur operasi sanitasi, higenis serta dapat meningkatkan mutu produk yang dihasilkan,” katanya.

    Dirinya berharap dengan adanya unit pengolahan ikan ini, produk yang dihasilkan semakin berkualitas, harganya bisa bersaing hingga ditingkat ekspor, dengan demikian pendapatan masyarakat juga semakin meningkat.

    Selain pembangunan UPI, Dinas Perikanan Sinjai juga saat ini melakukan rehabilitasi Balai Benih Ikan (BBI) Palangka yang berada di Kecamatan Sinjai Selatan.

    “Jadi semua bangunan fisik ini menggunakan dana APBD Sinjai melalui dana alokasi khusus (DAK) dan pembangunannya saat ini sementara berjalan,” tandasnya. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest