spot_img
Wednesday, May 8, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaHari Kanker Sedunia, Dinkes Gelar Iva Test dan Sadanis

    Hari Kanker Sedunia, Dinkes Gelar Iva Test dan Sadanis

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    SINJAI – Setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Tujuannya untuk mengajak seluruh masyarakat untuk peduli dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah kanker sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker.

    Sekaitan dengan hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai melakukan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim.

    Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik mengatakan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, pihaknya melakukan pemeriksaan deteksi dini.

    Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan metode Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) untuk payudara dan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) untuk leher rahim. Kegiatan deteksi dini kanker leher dan rahim (IVA TEST) dan kanker payudara (SADANIS).

    “Tujuannya tentu untuk mendeteksi secara dini, menemukan secara dini ketika mungkin ada wanita yang mengalami kanker mulut rahim demikian juga deteksi dini dari kanker payudara. Tentunya lebih dini kita dapatkan kalau melakukan pemeriksaan seperti ini,” ungkap dr. Emmy saat ditemui disela-sela pemeriksaan, Jumat (4/2/2022).

    Hari Kanker Sedunia ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan, kesadaran dan komitmen bersama untuk menurunkan beban kanker, khususnya di Kabupaten Sinjai.

    “Harapannya semoga angka kejadian kanker akan semakin berkurang. Jangan cuman kita memperingati saja tanpa kita berusaha menekan angka kejadian tersebut makanya kita melakukan deteksi dini,” ujarnya.

    Rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) diseluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Sinjai. Selain itu, pelayanan vaksinasi untuk booster atau dosis ketiga di Aula Pertemuan Dinas Kesehatan. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts