Gelorakan Literasi, Dispusip Sinjai Intens Sambangi TBM di Desa

0
55

SINJAI, – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai, Dr. Mansyur melakukan kunjungan ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tudang Sipa’Guru, yang berlokasi di Desa Polewali, Kecamatan Sinjai Selatan, Sabtu (28/8/2021).

Taman Baca Masyarakat (TBM) ini banyak diminati karena tempatnya yang cukup sederhana dengan memanfaatkan rumah dinas guru yang tidak terpakai yang mana TBM ini sekaligus dimanfaatkan sebagai perpustakaan SD Negeri 244 Jenna Desa Polewali Kecamatan Sinjai Selatan yang belum punya perpustakaan.

Dalam kunjungannya, Dr. Mansyur mengatakan bahwa TBM Ini walaupun cukup sederhana dengan berbagai keterbatasan namun sangat membantu minat anak-anak untuk membaca apalagi dimasa pandemi yang sedang dalam proses pembelajaran daring.

“Amat membantu untuk kegiatan belajar anak, apalagi masih kondisi pandemi Covid-19,” ucapnya.

Kunjungan yang dilakukannya ini kata mantan Sekretaris Diskominfo dan Persandian Sinjai itu, sebagai wujud keseriusan Pemkab Sinjai dalam meningkatkan minat baca kepada masyarakat.

Sementara, Asdar, pemuda di Dusun Jenna sebagai pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) pada kunjungan ini menyampaikan bahwa setiap harinya TBM ini dikunjungi kurang lebih 20 orang dan bila hari libur seperti di era pandemi seperti ini pengunjung lebih banyak.

“Kalau hari libur atau weekend, pasti banyak keluarga yang datang sama anak-anaknya. Jadi TBM  dipenuhi dengan pengunjung anak-anak, ditambah kunjungan rutin dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” kata Asdar.

Lebih lanjut dikatakan oleh Asdar, selain beberapa koleksi buku bacaan, fasilitas yang ada di TBM mulai bertambah. Semua buku dapat dibaca masyarakat secara gratis.

“Koleksi buku bacaan yang sering dibaca adalah buku cerita dan novel, karena yang paling banyak berkunjung adalah anak-anak yang masih duduk di bangku SD hingga SMA,” imbuhnya.

Diketahui, kunjungan Kadis Dispusip selain membantu perbendaharaan buku, juga melihat langsung pola pembelajaran di TBM, serta berinteraksi dengan anak-anak yang sedang membaca.

Selain berkunjung ke salah satu TBM yang ada di Desa Polewali, Kadis Dispusip Sinjai juga meresmikan berdirinya TBM Pengurus Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila Kecamatan Sinjai Selatan dan menghadiri Kegiatan Bakti Pemuda Pancasila Family Gathering di Desa Polewali Kecamatan Sinjai Selatan. (Tim Website)