spot_img
Saturday, May 18, 2024
More
    spot_img

    Pemkab Sinjai Gelar Rapat Evaluasi MCP Korsupgah KPK

    More articles

    SINJAI – Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Drs. Akbar memimpin rapat koordinasi Monitoring Center Of Prevention (MCP) Program Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) Komisi  Pemberantasan Korupsi (KPK) Kabupaten Sinjai di Ruang Kerjanya, Rabu (5/2/20).

    Rapat diikuti sejumlah OPD terkait, yakni Inspektorat, BPKAD, BKPSDMA, UKPBJ (Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa), DPMPTSP, DPMD, Bappeda, Dinas  Kominfo, Bapenda, Bagian Organisasi, Bagian Pembangunan dan Bagian Hukum Setdakab Sinjai.

    Dalam arahannya, Sekda Sinjai menyampaikan bahwa kegiatan rencana aksi pencegahan korupsi merupakan bagian dari kegiatan pemerantasan korupsi terintegrasi, yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dibawah Unit Kerja Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) KPK RI.

    Program ini sebagai alat melaksanakan monitoring dan evaluasi atas progress rencana aksi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, melalui aplikasi Monitoring Center for Prevention (MCP) Korsupgah yang akan diupdate dan dipantau.

    “Rapat ini dilaksanakan sejalan dengan komitmen yang kuat dan gagasan Pemerintah Kabupaten Sinjai, untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel, ” katanya.

    Saat ini Program Korsupgah KPK di tahun 2019, Kabupaten  Sinjai telah mencapai 75 % dari 8 Area Intervensi. Antara lain, Perencanaan dan Penganggaran APBD,  pengadaan barang dan jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kapabilitas APIP, Managemen ASN, Dana Desa,  Optimalisasi Pendapatan Daerah dan Managemen Aset Daerah.

    Pada rapat tersebut juga, masing-masing OPD memaparkan langsung pencapaian dan kendala pada masing- masing OPD dalam pencapaian Program Korsupgah KPK tahun 2019.

    Selanjutnya, Sekda menekankan Kepada OPD terkait untuk memaksimalkan  pelaporan dan data yang diupload pada Sistem informasi Koordinasi dan Supervisi pencegahan milik KPK secara  online.

    “Diharapkan setelah rapat ini, masing-masing perangkat daerah dapat menyiapkan dokumen yang akan diupload di sistem MCP dan kita akan lakukan evaluasi tiap bulan, ” ujarnya. (AaN Kominfo Sinjai)

    - Advertisement -spot_img

    Latest