Lomba Balap Perahu Katinting dan Jolloro Warnai Pesta Adat Marimpa Salo

0
40

Dalam rangkaian pesta ada Marimpa Salo yang dipusatkan di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai dan Pemerintah setempat.

Salah satunya yang menarik perhatian warga adalah lomba balap perahu yang dipusatkan di Sungai Appareng Desa Sanjai, Selasa (8/10/19).

Panitia pelaksana Dra. Zakiah mengatakan bahwa lomba ini dibagi dalam dua kategori yakni lomba balap perahu katinting dan jolloro.

“Untuk lomba perahu Katinting ini ada 13 pesertanya yang berasal dari Pulau Batang Lampe dan Larea-Rea Lappa, sedangkan lomba Jolloro diikuti 9 peserta dari Desa Sanjai dan Larea-Rea Kelurahan Lappa,” urainya.

Zakiah yang juga Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Sinjai mengatakan tujuan lomba ini adalah mengatakan untuk menghibur masyarakat dan sebagai ajang silaturahmi antar nelayan dan pemilik perahu yang ada di Sinjai.

“Balap perahu tersebut juga untuk mengangkat potensi wisata yang ada di daerah pesisir Sinjai, pasalnya, Sinjai memiliki bentangan pantai yang cukup luas,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Sanjai A. Muh. Arsal memberi apresiasi adanya lomba ini sebab masyarakat dapat terhibur dengan adanya lomba yang baru pertama kalinya dilaksanakan.

“Kegiatan ini baru pertama kalinya dilaksanakan, tapi luar biasa antusias peserta dan warga. Ini bahkan ada peserta dari pulau Sembilan. Semoga kegiatan ini jadi agenda tahunan,” katanya. (AaN /YM Kominfo Sinjai)