spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    Pemkab Sinjai Komitmen Kawal Penuh Pemberangkatan Jemaah Haji 2024

    More articles

    SINJAI, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten, melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) persiapan pemberangkatan dan pemulangan Jemaah Haji Sinjai untuk musim haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.

    Rakor tersebut dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa, dan berlangsung di ruang rapat Gedung B Kantor Bupati Sinjai, di Lingkungan Tanassang, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara, Senin (22/4/2024) siang.

    Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, mengatakan ini sangat penting mengingat rakor tersebut membahas terkait persiapan dan teknis pemberangkatan jemaah haji Sinjai.

    Rakor juga digelar untuk menyiapkan langkah solutif dari evaluasi pemberangkatan jemaah haji tahun lalu yang masih perlu penyempurnaan sehingga pemberangkatan jemaah haji Sinjai yang jumlahnya 240 jemaah bisa berjalan lancar tanpa kendala.

    Salah satu yang menjadi catatan penting kata Jefrianto adalah proses pemberangkatan yang dipusatkan di Masjid Agung Nujumul Ittihad Cakkempong. Lokasi pemberangkatan wajib steril, tak ada keluarga jemaah yang boleh masuk untuk kenyamanan bersama.

    “Masih banyak catatan tahun lalu, salah satunya keluarga jemaah yang banyak masuk ke masjid sehingga membuat jadwal pemberangkatan kita terganggu dari jadwal yang seharusnya. Kita tidak mau ini terulang lagi tahun ini,” pungkasnya.

    Hal lainnya yang menjadi catatan dalam rakor ini kata dia, adalah kondisi armada bus yang bakal mengangkut jemaah haji Sinjai. Jefrianto berharap kepada instansi terkait untuk lebih teliti untuk mengecek kelayakan armada.

    Selain itu, memperhatikan kesehatan jemaah haji meski tahun ini tidak lagi didominasi jemaah Lanjut Usia (Lansia). Jefrianto meminta tim kesehatan Kabupaten untuk betul-betul memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah haji.

    “Alhamdulillah dari pihak Polres, Kodim 1424 Sinjai, Satpol PP dan Dinas Perhubungan juga sudah bersiap untuk melaksanakan hal tersebut begitu juga dengan kendaraan yang digunakan kita akan memastikan bahwa kendaraan yang dipakai Insya Allah siap dan layak,” jelasnya.

    Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai H. Jamaris, membeberkan jemaah haji Sinjai bakal masuk ke Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar pada Senin, 13 Mei 2024 mendatang. Oleh karena itu, rencana pemberangkatan Jemaah haji bakal dilaksanakan pada Minggu, 12 Mei mendatang.

    “Rencana kita akan meninggalkan Sinjai pada Minggu 12 Mei malam. Bertolak dari Sinjai ke Asrama Haji Sudiang melalui rute Bulukumba dan kita prediksi tiba saat subuh di Gowa, sebelum masuk ke Asrama pagi,” jelasnya.

    Jemaah haji Sinjai sendiri kata Jamaris, tergabung dengan Kelompok Terbang (Kloter) 4 gelombang pertama Embarkasi Makassar (UPG). 240 jemaah Sinjai akan berangkat bersama dengan jemaah haji asal Kota Makassar.

    Turut hadir Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Irwansyahrani Yusuf, perwakilan Forkopimda, Kadis Perhubungan Sinjai Akbar, perwakilan Dinas Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo dan Persandian, RSUD, Kabag Kesra Setdakab Sinjai, Hj Kamriah Yusuf, Kasi Penyelengara Haji dan Umrah Kemenag Sinjai Kamriati Anies, serta pengurus Masjid Agung Nujumul Ittihad Cakkempong. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest