spot_img
Friday, May 3, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaSekda Sinjai Pimpin Rakor Persiapan Menghadapi Penilaian APE 2023 dari Kementerian PPPA

    Sekda Sinjai Pimpin Rakor Persiapan Menghadapi Penilaian APE 2023 dari Kementerian PPPA

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    SINJAI, – Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka menghadapi Verifikasi Lapangan (Verlap) evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) tahun 2023 oleh tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

    Rakor tersebut dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai dan dipimpin langsung oleh Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, Senin (20/11/2023).

    Dalam arahannya, Sekda Sinjai meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerjasama dalam menghadapi Penilaian Verlap evaluasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2023 ini.

    “Jadi rakor ini dilaksanakan sebagai persiapan kita menghadapi Verlap dan evaluasi PUG oleh Kementerian PPPA RI di Kabupaten Sinjai”, Jelasnya.

    Karena itu, pihaknya berharap agar OPD terkait menyiapkan data yang dibutuhkan, sesuai dengan data awal yang telah dikirim ke Pemerintah pusat.

    Sehingga, kata dia capaian penghargaan tertinggi pada pembangunan Pengarusutamaan Gender di tahun 2020 lalu dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

    “Hari ini kita coba satukan persepsi sebelum kita menghadapi Verlap. Mudah-mudahan pertemuan hari ini kita bisa menghasilkan sesuatu hal yang bisa kita lakukan dalam rangka mempertahankan penghargaan yang kita sudah dapatkan sebelumnya, kalau perlu ditingkatkan,” Ucapnya.

    Verlap APE 2023 oleh tim Kementerian PPA RI dijadwalkan akan datang di Kabupaten Sinjai, pada Selasa (21/11/2023) besok yang dimulai dengan pemaparan, diskusi, dan terakhir kunjungan ke sejumlah lokus dengan durasi waktu hanya 3 jam.

    Sekadar diketahui, Pemkab Sinjai sendiri telah mengikuti APE sebanyak tiga kali dan berhasil meraih penghargaan, seperti di tahun 2016 kategori Madya, 2018 Kategori Utama, dan tahun 2020 kategori Utama.

    APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

    Rakor pra Verlap evaluasi PUG juga dihadiri Staf Ahli Bupati, Asisten, Camat, TP PKK, serta perwakilan lembaga atau organisasi yang menjadi lokus penilaian APE 2023. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts