spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    Pemkab Sinjai Jalin Kerjasama dengan PT Kuda Laut Bintang Indonesia

    More articles

    SINJAI, – Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sinjai Muh. Saleh melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Direktur PT Kuda Laut Bintang Indonesia, bertempat di Gedung Command Center Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Kamis (22/9/2023).

    Jalinan kerjasama ini terkait optimalisasi pemanfaatan barang milik daerah Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan yang berada Kelurahan Lappa.

    Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang menyaksikan langsung penandatangan MoU ini mengaku bersyukur dengan jalinan kerjasama ini khususnya penggunaan rumah produksi yang berada di Sentra IKM Pengolahan Perikanan di Lappa.

    Terlebih kata Bupati, Kabupaten Sinjai memiliki potensi perikanan yang melimpah ruah sehingga menjadi daya tarik bagi perusahaan untuk menanamkan investasi di Kabupaten Sinjai.

    Melalui kerjasama ini juga, salah satu perusahaan yang bergerak dalam pengolahan makanan laut (seafood) yaitu PT Sinjai Susan Satu yang telah menjalin mitra dengan PT Kuda Laut Bintang Indonesia akan menyiapkan alat produksi di Sentra IKM Lappa tersebut.

    “Dengan adanya pabrik pengolahan hasil perikanan di Sinjai maka hasil laut yang akan diekspor ke luar negeri atau ke daerah lain terlebih dahulu diolah di Sinjai sehingga kualitas produk lebih tinggi karena selama ini kita mengirimkan dalam bentuk mentah kemudian diolah di Makassar lalu diekspor,” jelasnya.

    Sebagai langkah awal, kedua pihaknya memulai untuk memproduksi hasil perikanan berupa cumi. Produk ini akan diolah menjadi sebuah makanan olahan yang memiliki kualitas tinggi dan sangat diminati oleh orang Korea, China dan negara lainnya.

    Bupati ASA berharap dengan adanya kerjasama ini, perusahaan tersebut dapat membeli hasil tangkapan nelayan yang ada di Sinjai kemudian mengolahnya menjadi produk yang bermutu dan dengan harga yang tinggi.

    “Kami membuka pintu lebar-lebar bagi siapapun yang akan berinvestasi di Sinjai. Perusahaan ini memiliki komitmen dengan pemerintah daerah dalam memanfaatkan potensi yang ada di daerah baik berupa tenaga kerja maupun bahan bakunya,” pungkasnya.

    Kegiatan ini diakhiri dengan pemaparan atau ekspose yang dipaparkan oleh Direktur PT Sinjai Susan Satu Mr. Sean Kim yang dihadiri oleh Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, para Asisten dan para Kepala OPD terkait. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest