Home Berita Pimpin Apel Hari Pramuka, Bupati ASA : Hadapi Tahun Politik, Gerakan Pramuka...

Pimpin Apel Hari Pramuka, Bupati ASA : Hadapi Tahun Politik, Gerakan Pramuka Harus Tetap Solid

0

SINJAI, – Bertempat di Halaman Kantor Bupati Lama, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) memimpin Apel Besar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka 62 Tingkat Kabupaten Sinjai, Minggu (16/9/2023) siang.

Upacara peringatan Hari Pramuka 62 ini diikuti para Forkopimda selaku anggota Mabicab, Ketua Harian Kwarcab Sinjai Andi Jefrianto Asapa, para pengurus Kwarcab, para Ketua Kwarran dan para pelajar mulai dari tingkat siaga, penggalang penegak dan pandega.

Bupati ASA yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Sinjai membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Dikatakan, tema HUT Pramuka tahun ini mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”. Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional.

Di samping itu, lanjut Bupati, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta Tanah Air dan semangat bela Negara.

“Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” katanya.

Masih dalam sambutannya, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugus depan-Gugus depan Pramuka dimanapun berada.Untuk itu, saya berharap bahwa kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugus depan yang berada di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka dalam sambutan tertulisnya  juga berpesan kepada para Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Majells Pembimbing di semua tingkatan agar kiranya terus dapat memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan gerakan pramuka.

“Saya tak lupa juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka yang kita cintai bersama,” pungkas Bupati ASA.

Dalam momen tersebut juga dirangkaikan dengan penganugerahan tanda penghargaan gerakan pramuka berupa Lencana melati dan Lencana Pancawarsa kepada Pengurus Kwarcab Sinjai, penyerahan penghargaan kepada peserta Raimuna Nasional dan Karang Pamitran Nasional (KPN) serta pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing Saka, Ketua Saka dan Pamong Saka untuk periode 2023-2028.

Usai pelaksanaan Apel besar, Bupati ASA bersama seluruh Pengurus Kwarcab Sinjai melakukan penanaman pohon bibit kelapa genjah di Pesisir Pantai Marana desa Pasimarannu Kecamatan Sinjai Timur. (Tim Website)

Exit mobile version