Home Berita Tahun Ini Pembangunan Dua Dermaga Di Pulau Sembilan Rampung, Bupati ASA :...

Tahun Ini Pembangunan Dua Dermaga Di Pulau Sembilan Rampung, Bupati ASA : Permudah Mobilitas Warga

0

SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) terus berupaya untuk fokus  meningkatkan pembangunan di berbagai sektor.

Tak terkecuali Kecamatan Pulau Sembilan yang berada di daerah kepulauan. Upaya ini dilakukan dalam rangka mendukung pemerataan pembangunan di setiap wilayah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Meski masih dalam pandemi Covid-19, tidak tanggung-tanggung anggaran yang digelontorkan untuk Kecamatan Pulau Sembilan tahun 2022 ini mencapai puluhan miliar rupiah lebih.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib yang mewakili Bupati ASA dalam acara Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Pulau Sembilan bertempat di Teras Puskesmas Pulau Sembilan, Rabu (2/3/22).

Menurut Irwan yang juga selaku Koordinator Musrembang Kabupaten Sinjai ini menyampaikan, anggaran tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Sinjai, APBD Provinsi Sulsel maupun dari Pemerintah Pusat.

Terdapat beberapa kegiatan besar yang lokusnya di Kecamatan Pulau Sembilan tahun 2022 yaitu pengadaan alat praktik dan peraga siswa pada 3 sekolah SD senilai Rp375 juta, penanganan permukiman kumuh, berupa pengadaan instalasi pengolahan Air Bersih Siap Minum (Arsinum) senilai Rp1 milyar dari APBD Propinsi.

Pembangunan jalan lingkungan di Pulau Harapan Rp344,95 juta lebih, pengadaan pemeliharaan rehabilitasi sarana dan prasarana destinasi pariwisata senilai Rp322 juta, penyediaan fasilitas, sarana prasarana pelayanan kesehatan untuk puskesmas dan kendaraan Pusling roda dua, senilai Rp543,53 juta lebih.

Selain itu, program pengelolaan perikanan budidaya, berupa sarana prasarana budidaya rumput laut senilai Rp275 juta lebih, bantuan kapal, mesin kapal dan alat bantu tangkap ikan senilai Rp565 juta, insentif petugas keagamaan dan hibah untuk 1 mesjid senilai Rp122,9 juta.

Tidak hanya itu, dua proyek pelabuhan/dermaga yamg akan dirampungkan tahun ini yaitu pembangunan Dermaga Apung, di Desa Buhung Pitue dengan anggaran berkisar Rp1,49 milyar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan menyelesaian pembangunan Dermaga Pelabuhan Kambuno, senilai Rp70 milyar selama tiga tahun anggaran.

“Diharapkan dengan selesainya dermaga ini dapat memperlancar distribusi barang dan mobilitas orang, serta mempermudah akses ke destinasi wisata di Pulau Sembilan sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga setempat,” jelas Kepala Bappeda yang membacakan sambutan Bupati ASA. (Tim Website)

Exit mobile version