Home Berita Saksikan Festival Olahraga Tradisional, Bupati ASA Ikut Main Ketapel

Saksikan Festival Olahraga Tradisional, Bupati ASA Ikut Main Ketapel

0

SINJAI, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto ikut menyaksikan Festival Olahraga Tradisional di Halaman Stadion H Andi Bintang, Minggu, (19/2/2023).

Festival yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahrga (Dispora) diikuti dari utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Kelurahan, Desa, Sekolah dan Organisasi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sinjai, Hasir Ahmad mengatakan bahwa, Festival Olahraga Tradisional ini dilaksanakan pada semarak Februari dalam rangka memperingati Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-459.

Selaian itu, kata dia, juga merupakan program dari Dispora Sinjai yang sudah dirancang sebelumnya. Sehingga dimoment HJS Tahun 2023 pihaknya melaksanakan beberapa lomba olahraga tradisional.

“Kegiatan ini juga kami jadikan sebagai ajang pencarian dan seleksi atlet. Tim yang sudah dibentuk Dispora mulai memantau calon atlet untuk ikut mewakili Kabupaten Sinjai di tingkat Provinsi pada festival olahraga tradisional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Pagga Kantoro menambahkan, dalam festival olahraga tradisional ini diperlombakan empat macam olahraga yakni, Ketapel, Hadang, Engrang, dan Dagongan.

Empat lomba ini selain diikuti dari unsur pemerintah juga pencarian atlet. Pagga mengatakan, untuk ketapel pencarian atlet putra, Hadang untuk putri, Engrang untuk putra, dan Dagongan putra masing umur 16-24 Tahun.

Dia menambahkan, pihaknya mengambil olahraga tradisonal karena dianggap salah satu olahraga yang menarik untuk masyarakat yang harus kembali diperkenalkan kepada generasi milenial agar mereka mencintai olahraga tersebut.

“Dengan adanya permainan tradisional yang diperkenalkan kembali diharapkan para generasi milenial tidak lagi konsentrasi pada permainan yang ada di gadget. Khusus untuk pencariat atlet akan berjenang ke tingkat Provinsi dan Nasional,” pungkasnya.

Pada olahraga Ketapel, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, Pj Sekda Andi Jefrianto Asapa, Ketua TP PKK Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto ikut memperagakan atau bermain ketapel sesaat sebelum para OPD dan umum ikut bertanding. (Tim Website)

Exit mobile version