Home Berita Paskibraka Bakal Jadi Duta Pancasila

Paskibraka Bakal Jadi Duta Pancasila

0

SINJAI – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2022 Tingkat Kabupaten Sinjai bakal tampil berbeda dari tahun sebelumnya. Selain bertugas mengibarkan bendera pusaka, mereka juga akan dikukuhkan sebagai Duta Pancasila setelah mengikuti Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).  

Seleksi Duta Pancasila ini dilakukan seiringan dengan seleksi Paskibraka yang berlangsung dari tanggal 23 Maret hingga 25 Maret 2022, bertempat di Tribun Lapangan Sinjai Bersatu.

Panitia Seleksi Paskibraka Kabupaten Sinjai, Pagga Kantoro mengatakan bahwa mulai tahun ini pelaksanaan seleksi Calon Paskibraka juga dirangkaikan dengan seleksi duta Pancasila.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda, melalui Program Pasukan Pengibar Bendera.

“Jadi yang mengikuti seleksi Paskibraka juga mengikuti seleksi Duta Pancasila,” kata Pagga saat ditemui di Tribun Lapangan Sinjai Bersatu, Rabu (23/3/2022).

Salah satu tahapan seleksi Duta Pancasila ini adalah tes pemahaman ideologi pancasila secara online dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang berlangsung pada hari ini Rabu (23/3/202).

Selain itu berbagai tahapan lainnya akan dilaksanakan pada saat pelaksanaan pemusatan secara terpusat peserta Paskibraka.

Duta Pancasila ini nantinya juga akan dikukuhkan oleh BPIP setelah dilakukan pengukuhan Paskibraka Tingkat Kabupaten Sinjai.

“Para Duta Pancasila ini nantinya akan diwadahi dalam organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia yang bertugas dan fokus pada pengarusutamaan Pancasila,” jelasnya.

Pagga menjelaskan bahwa Duta Pancasila ini memiliki peran sebagai teladan dalam pengarusutamaan Pancasila di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

“para Duta Pancasila ini nantinya akan melakukan pembinaan dan penguatan ideologi pancasila kepada masyarakat dan teman sebayanya serta bisa mengaplikasikan falsafah nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari, ” tutupnya.(Tim Website)

Exit mobile version