Home Berita UMSi Jalin Kerja Sama dengan 5 Instansi Pemkab Sinjai

UMSi Jalin Kerja Sama dengan 5 Instansi Pemkab Sinjai

0

SINJAI, – Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) melalui Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dengan lima instansi lingkup Pemkab Sinjai, di Ruang Rapat Fakultas Sainstek UMSi, Rabu (14/7/2021).

Kelimanya masing-masing, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Perikanan Sinjai.

Rektor UMSi, Dr Umar Congge, mengatakan, penandatanganan MoA ini merupakan tindak lanjut daripada Memorandum of Understanding (MoU) yang pernah dilakukan antara UMSi dengan Pemkab Sinjai melalui Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

MoA ini, kata Umar Congge mencakup Catur Dharma perguruan tinggi Muhammadiyah yang meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan pengembangan serta pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

“Jadi hari ini ditindaklanjuti beberapa kepala dinas yang tentu ada kaitannya dengan fakultas ilmu sosial dan fak saintek. Kerja samanya dalam bentuk pendidikan pengajaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya.

Tidak hanya Catur Dharma Perguruan tinggi, namun MoA ini lanjut Umar Congge, akan mencakup kerja sama atau pelibatan unsur akademisi dalam hal penyuluhan serta penyusunan naskah akademik.

“Kita juga butuhkan kepala dinas juga bisa sebagai pengajar dengan program indikator kinerja utama dan salah satunya itu adalah dimana dalam perguruan tinggi itu harus ada praktisi atau birokrat yang mengajar untuk memberikan kompetensi,” jelasnya.

Umar Congge berharap, melalui kerja sama ini sinergitas antara UMSi dan Pemkab Sinjai semakin kuat.

“Tentu kita berharap ini menjadi salah satu aset didalam membangun bangsa khususnya membangun daerah Kabupaten Sinjai,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan hidup dan kehutanan (DLHK) Sinjai, Ir H Ramlan Hamid, yang mewakili kelima instansi Pemkab Sinjai menyampaikan pihaknya menyambut baik kerja sama ini.

Menurut Ramlan, kerja sama tersebut memang sangat perlu dibangun dalam rangka pengembangan dan menciptakan serta meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

“Kerja sama memang harus dibangun karena pemda juga membutuhkan UMSi termasuk mahasiswa dan dosen-dosen yang ada, kajian untuk pengembangan kegiatan dan semacamnya,” tandasnya. (Tim Website)

Exit mobile version