spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    Wakili Pj Bupati, Sekda Sinjai Hadiri Acara “Mattompang Arajang” di Kabupaten Bone

    More articles

    BONE, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone menggelar acara adat “Mattompang Arajang” sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Bone Ke-694.

    Ritual adat tersebut berlangsung di halaman Rujab Bupati Bone, Sabtu (20/04) yang turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Sinjai diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.

    Mattompang Arajang, adalah ritual pembersihan dan pensucian benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Bone pada masa silam. Ritual tersebut melibatkan Tokoh-tokoh adat dan budaya Kabupaten Bone.

    Dalam sambutannya, Pj Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin menyampaikan bahwa tujuan ritual dimaksudkan sebagai penghargaan kepada para leluhur karena telah memimpin dan membangun Kerajaan Bone yang dikenal dengan sebutan Bumi Arung Palakka.

    Termasuk melaksanakan ritual Ziarah ke makam para Arung atau Raja-Raja Bone yang telah dilaksanakan sebelumnya sebagai rangkaian Peringatan Hari Jadi Bone yang digelar setiap tahunnya.

    Dalam peringatan HJB yang mengangkat tema “Mattupu Ri’ Ade’e, Mappasanre’ Risara’e”, Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Bahtiar Baharuddin mengatakan melalui sambutannya agar peringatan Hari Jadi Bone ini menjadi momentum untuk senantiasa menjaga makna dari nilai-nilai luhur serta budi pekerti dengan jalan melestarikan adat dan budaya.

    Turut hadir dalam acara ini Kapolda Sulawesi Selatan, Pangdam XIV Hasanuddin, sejumlah Pj Bupati dan perwakilan Walikota, Pejabat Eselon Provinsi Sulawesi Selatan, serta Para tokoh masyarakat Bone yang berdomisili di dalam maupun luar daerah. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest