spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan, Pemkab Sinjai Gelar Koordinasi, Advokasi dan Sosialisasi ILP

    More articles

    SINJAI, – Pemerintah Kabupaten Sinjai mengadakan kegiatan koordinasi, Advokasi dan sosialisasi Integrasi Layanan Primer (ILP) Tingkat Kabupaten Sinjai.

    Kegiatan tersebut digelar di Gedung Cammand Center Sinjai dan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, Jumat (19/04/2024).

    Turut hadir Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai, Cut Resmiati, Kadis Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik dan sejumlah OPD lainnya, serta diikuti para Kepala Puskesmas, Para Kepala Bidang Dinkes Sinjai, Ketua IDI, IBI, PPNI dan Tim Kerja ILP Kabupaten Sinjai.

    ILP sendiri merupakan bagian penting dari kegiatan transformasi sistem kesehatan yang digagas oleh Kementerian Kesehatan RI dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mengatasi masalah kesehatan.

    Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan agar seluruh jajaran pemerintah yang terlibat dapat memfasilitasi dalam meningkatkan cakupan dan jangkauan ILP.

    “ILP adalah sebuah strategi transformasi siatem kesehatan yang berfokus pada penguatan yang berfokus pada penguatan layanan kesehatan tingkat primer, transformasi ini bahkan berfokus pada tiga hal, pertama penerapan siklus hidup, kedua fokus dari intergrasi layanan, dan yang ketiga memperkuat pemantauan wilaya melalui digitalisasi dan pemantauan melalui dashboard situasi kesehatan perdesa”, Jelasnya.

    Lebih lanjut, partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat sangat esensial untuk memastikan posyandu dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat, melalu integrasi pelayanan kesehatan primer yang berfokus pada perbaikan layanan dan kader kesehatan dapat memberikan berbagai kemajuan bagi masyarakat dalam bidang kesehatan guna mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya.

    “Semoga dengan tersedianya posyandu d Desa/Kelurahan, dapat menjadikan masyarakat semakin sehat hingga akhirnya akan berdampak pada tingginya produktivitas dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di indonesia”, Harapnya

    Melalui pertemuan ini diharapkan mempercepat dan saling menyamakan persepsi tentang ILP yang akan diterapkan, dimana 16 puskesmas nanti akan dibina dan didampingi dalam menjalankan layanan primer ini.

    “Saya berharap kegiatan ini dapat dikuti dengan baik serta membuat rencana tindak lanjut yang akan diterapkan dimasing-masing puskesmas dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan”, Tutup Sekda Sinjai. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest