spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDPMPTSP Sinjai Terbitkan 3.845 NIB Sepanjang Tahun 2023

    DPMPTSP Sinjai Terbitkan 3.845 NIB Sepanjang Tahun 2023

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Hingga diakhir bulan Desember tahun 2023, jumlah pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sinjai mencapai 3.845 NIB. 

    Jumlah tersebut Kata Kadis PMPTSP Sinjai, Lukman Dahlan, jauh lebih meningkat dibanding tahun 2022 yang hanya 2.897 NIB.

    “Jadi untuk tahun ini, pengurusan NIB di DPMPTSP Sinjai mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya”, Sebutnya saat di temui di Mall Pelayanan Publik (MPP), Jalan Persatuan Raya, Jumat (29/12/2023) kemarin. 

    Dikatakan dari hasil rekapitulasi tim data DPMPTSP Sinjai, jumlah pelaku usaha yang mengurus NIB melalui aplikasi Online Single Submission (OSS) RBA, yang terbanyak terjadi pada November 2023 sebanyak 568 NIB. 

    “Ada dua opsi pengurusan NIB yang bisa dilakukan warga atau penerima layanan, yakni secara mandiri dan pendampingan oleh tim DPMPTSP Sinjai”, Katanya. 

    Pada 2023, pengurusan NIB secara mandiri atau dilakukan sendiri oleh pelaku usaha mencapai angka 2.715. Sementara pelaku usaha yang masih harus didampingi hanya 1.130. 

    Masyarakat yang semakin melek teknologi menjadi salah satu alasan berkurangnya proses pendampingan yang dilakukan DPMPTSP Sinjai kepada para pelaku usaha.

    Pengaruh Gerai Panrita

    Inovasi gerai pelayanan perizinan di Desa yang disebut ‘Gerai Panrita’, turut berkontribusi pada peningkatan jumlah pelayanan perizinan di Kabupaten Sinjai.

    “Sosialisasi yang masif menyebabkan tingginya angka masyarakat yang mengurus izin secara mandiri, dan jumlah pendampingan makin berkurang. Namun keberadaan Gerai Panrita, turut berkontribusi pada peningkatan jumlah pelayanan perizinan di Kabupaten Sinjai,” beber Kadis PMPTSP Sinjai, Lukman Dahlan, Jumat (29/12/2023) pagi di Mal Pelayanan Publik (MPP) Sinjai, Jl. Persatuan Raya.

    Saat ini di Sinjai terdapat 19 Gerai Panrita pada 19 Desa. “Tahun depan targetnya 40 Gerai Panrita. Ini tentu makin berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pelayanan perizinan,” tambah Lukman.

    Mantan Kabag Hukum Pemkab Sinjai ini optimis pelayanan di MPP terus meningkat, seiring rencana penerapan MPP elektronik. Nantinya MPP elektronik ini terangnya, akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat melalui aplikasi yang bisa diunduh di playstore. 

    “Insya Allah awal Januari dijadwalkan launching,” tandas Lukman Dahlan. Ia juga berterima kasih atas dukungan Pj. Bupati Sinjai TR Fahsul Falah, yang menaruh perhatian besar pada peningkatan pelayanan perizinan di MPP. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts