spot_img
Tuesday, May 21, 2024
More
    spot_img

    Sekda Sinjai Buka Sosialisasi TP-BIS dan Bimtek SPP-TIK Bagi Lurah, Kades  dan Pengelola Perpustakaan

    More articles

    SINJAI,– Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa membuka secara resmi Sosialisasi Replikasi Mandiri Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TP-BIS) dan Bimtek Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPP-TIK), Rabu (13/12/2023) di Aula Wisma Sandika Sinjai.

    Sosialisasi dan bimtek tersebut dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Sinjai.

    Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh lurah dan kepala desa beserta pengelola perpustakaan kelurahan/desa se-Kabupaten Sinjai, Sementara kegiatan Bimtek diikuti pengelola perpustakaan desa/kelurahan perwakilan dari masing-masing kecamatan.

    Dalam laporannya, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai, Abdul Azis Amin mengatakan kegiatan sosialisasi dan bimtek ini akan dilaksanakan selama dua hari hingga tanggal 14 desember 2023.

    Adapun tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang konsep dan strategi pengembangan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial kepada para Kepala Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Sinjai serta para pengelola perpustakaan desa dan kelurahan se-Kabupaten Sinjai.

    “Tak itu juga untuk mewujudkan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis inklusi sosial dengan memfasilitasi masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan di perpustakaan sesuai dengan kebutuhannya serta mewujudkan masyarakat sejahtera melalui pemberdayaan perpustakaan dan pengembangan kegiatan literasi”, Tambahnya. 

    Sementara itu, Sekda Sinjai dalam sambutannya mengatakan dengan dilaksanakannya bimtek ini diharapkan para peserta dapat memahami dan sekaligus mengimplementasikan strategi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial dan TIK ini di perpustakaannya masing-masing.

    “Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ini sangat sejalan dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten Sinjai, Terkhusus pada Program Pengentasan Kemiskinan”, Ujarnya. 

    Ditambahkan bahwa Pemerintah daerah saat ini terus mendorong peningkatan pembangunan sumber daya manusia yang kompetitif dan inklusif, di samping itu upaya untuk peningkatan produktivitas dan daya saing produk sumber daya alam yang berkelanjutan terus dilakukan melalui pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang produktif.

    Melalui Bimtek SPP TIK ini para peserta akan dibekali dengan pengetahuan tentang strategi mengembangkan perpustakaan, mulai dari strategi peningkatan layanan informasi, strategi pelibatan masyarakat di perpustakaan dan strategi advokasi membangun dukungan dan kemitraan dengan berbagai stakeholder terkait, termasuk promosi perpustakaan melalui publikasi kegiatan di media cetak, media elektronik, media online dan media sosial.

    Kegiatan sosialisasi dan Bimtek ini menghadirkan 4 orang narasumber yakni 

    Andi Gusnianingsih Gandhis (Konsultan TP-BIS), H. Nasaruddn (Fasilitator Daerah Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus selaku Pustakawan), Burhanuddin (Master Trainer Program TP-BIS) dan Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.

    Acara pembukaan juga turut dihadiri sejumlah pejabat Lingkup Pemkab Sinjai, para Camat, kepala desa dan lurah se-Kabupaten Sinjai. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest