spot_img
Wednesday, April 17, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDukung Sektor Pertanian, Pemkab Sinjai Bantu Petani Tembakau dengan Alsintan 

    Dukung Sektor Pertanian, Pemkab Sinjai Bantu Petani Tembakau dengan Alsintan 

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Petani tembakau di Kecamatan Sinjai Borong dan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai mendapat bantuan alat mesin pertanian  (Alsintan) dari Pemerintah Kabupaten Sinjai. 

    Bantuan berupa Cultivator yang jumlahnya sebanyak 8 unit, sebagai upaya Pemerintah daerah dalam mendukung petani tembakau di dua kecamatan itu. 

    Kepala Dinas Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai H. Kamaruddin mengatakan bantuan ini berasal dari anggaran APBD Kabupaten Sinjai dan juga dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT).

    “Alhamdulillah, bantuan ini telah kita serahkan secara simbolis oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abubakar kepada kelompok tani, Jumat (08/12/2023) kemarin,” ujarnya. 

    Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses pertanian tembakau, serta memberikan dorongan positif bagi kesejahteraan para petani. 

    Langkah ini kata Kamaruddin sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah kepemimpinan Pj Bupati, TR Fahsul Falah untuk mendukung peningkatan produksi sektor pertanian dan meningkatkan penghasilan petani lokal.

    “Cultivator ini manfaatnya untuk pengolahan tanah sebab ini merupakan hal penting terhadap berhasilnya budidaya tanaman tembakau, karena tekstur dan struktur tanah mempengaruhi pertumbuhan tanaman tembakau,” jelasnya. 

    Sekedar diketahui, produksi tembakau di Kabupaten Sinjai memiliki luas lahan 1.082 hektar dan produksi 991 ton baik jenis tembakau Pance maupun Bondeng yang tersebar di Kecamatan Sinjai Borong dan Sinjai Barat. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts