spot_img
Tuesday, May 21, 2024
More
    spot_img

    Gelar Rakor Lintas Program dan Sektor Dinkes, Ini Harapan Sekda Sinjai

    More articles

    SINJAI, – Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, membuka Rapat Koordinasi Lintas Program dan Lintas Sektor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai Tahun 2023 yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kamis (07/12).

    Dalam sambutannya, Sekda Sinjai menyampaikan bahwa upaya kesehatan adalah segala bentuk kegiatan dan atau serangkaian kegiatan pelayanan yang diberikan secara langsung kepada perseorangan atau masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif dan atau paliatif.

    “Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menjamin setiap warga negara memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Sesuai Permenkes Nomor 43 tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan yang terdiri dari 12 indikator. Tentu untuk mencapai target SPM 100% diperlukan kerjasama lintas program dan lintas sektor yang optimal sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” paparnya.

    Tidak hanya itu, Sekda Sinjai mengatakan pada rakor ini juga dibahas terkait pengawasan obat dan makanan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari penyalahgunaan obat dan bahan berbahaya dalam obat dan makanan maka perlu dilakukan peningkatan koordinasi pembinaan dan pengawasan obat dan makanan di daerah.

    “Salah satu upaya untuk melaksanakan hal tersebut adalah dengan membentuk tim koordinasi pembinaan dan pengawasan obat dan makanan Kabupaten Sinjai yang ditetapkan melalui keputusan Bupati Sinjai nomor 130 tahun 2023,” katanya. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest