spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    Pemkab Sinjai Presentasi Keterbukaan Informasi Publik di Hadapan KI Sulsel

    More articles

    SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam hal ini Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Sinjai mengikuti kegiatan tahap verifikasi pemeringkatan Badan Publik Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan pada Kamis (09/11).

    Kegiatan verifikasi dilakukan melalui dua tahap secara bersamaan, yaitu pencermatan dan penilaian jawaban dalam lembar Kuesioner Penilaian Mandiri (SAQ) dan Presentasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi.

    Dalam penyampaian Presentasi Monev keterbukaan informasi, Pemkab Sinjai diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Andi Hariyani Rasyid, didampingi Kadis Kominfo dan Persandian, Mansyur, Kabid Humas dan IKP, Ika Mayasari dan staf PPID Utama.

    Dihadapan Komisioner Komisi Informasi Sulsel dan Tim Penilai, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Mansyur memaparkan beberapa inovasi layanan informasi publik yang telah dilaksanakan di Kabupaten Sinjai, diantaranya Simpelmi, Siparakai dan Sibantuki yang ditujukan untuk mempermudah publik mengakses informasi terkait proses permohonan perizinan, informasi perkembangan harga-harga kebutuhan pokok serta informasi mengenai bantuan sosial dan sasaran penerima di seluruh kecamatan dan desa di Kabupaten Sinjai.

    Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Penilai dan Komisioner KI Sulsel, ada beberapa catatatn yang diberikan dan menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Sinjai dalam upaya memaksimalkan layanan informasi publik di Sinjai, seperti yang disampaikan oleh Komisioner KI Sulsel, Fauziah Erwin diantaranya regulasi, anggaran pendukung dan fasilitas yang disiapkan,sehingga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi.

    “Jadi ada beberapa catatan penting yang memang harus menjadi evaluasi dan koreksi bagi PPID utama Sinjai, sehingga kedepan kualitas layanan informasi publik dapat meningkat” ungkap Fauziah

    Sementara itu apresiasi juga diberikan kepada Pemkab Sinjai atas hadirnya inovasi-inovasi layanan publik yang dilakukan, dengan harapan dapat terus dimaksimalkan, termasuk pelayanan langsung yang dilakukan dengan hadirnya mal pelayanan publik di Sinjai. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest